Pengukuran Tingkat Kesiapan Dan Kepuasan Masyarakat Atas Implementasi Aplikasi E Lampid Di Kota Surabaya

Suwanto, Budi (2022) Pengukuran Tingkat Kesiapan Dan Kepuasan Masyarakat Atas Implementasi Aplikasi E Lampid Di Kota Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032201016-MASTER_THESIS.pdf] Text
6032201016-MASTER_THESIS.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2024.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan publik merupakan hal penting dan menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Pelayanan publik harus dilakukan secara maksimal dan mengikuti perkembangan teknologi. Pemerintah Kota Surabaya terus berupaya berinovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya antara lain adalah adanya aplikasi e Lampid. Penelitian ini berjudul pengukuran tingkat kesiapan dan kepuasan masyarakat atas implementasi aplikasi e Lampid. Dengan ada dua rumusan masalah yaitu yang pertama dengan mengukur bagaimana tingkat kesiapan masyarakat dalam menerima aplikasi e Lampid serta bagaimana kepuasan masyarakat atas implementasi aplikasi e Lampid. Secara umum aplikasi e Lampid bertujuan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat dengan memberi kemudahan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan dan kepuasan atas implementasi aplikasi e Lampid di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu Technology Acceptance Model 3 (TAM 3), Metode Servqual dan Kano. Technology Acceptance Model 3 bertujuan untuk menjelaskan dan memperkirakan penerimaan (acceptance) pengguna terhadap satu produk teknologi. Metode Servqual yaitu metode untuk melakukan pengukuran kualitas jasa yang juga dikenal dengan istilah Gap dan berkaitan erat dengan model kepuasan. Metode Kano adalah indeks kepuasan pengguna jasa yang diperlukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa dengan memperhatikan tingkat kepuasan dari pelayanan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Dengan teknik pengumpulan data mengunakan dua sumber data yang akan dianalisis yaitu data primer dan data sekunder. Maka dengan penelitian dan perhitungan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi e Lampid yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya masih belum dikenal atau dipahami secara menyeluruh oleh masyarakat khususnya Kota Surabaya.
=================================================================================================================================
Public services are important and a necessity for the community. Public services must be carried out optimally and follow technological developments. The Surabaya City Government continues to innovate in governance that utilizes information and communication technology. One of the innovations made by the Surabaya City Government is the e Lampid application. The title of this research is measuring the level of community readiness and satisfaction with the implementation of the e Lampid application. There are two problem formulations, namely the first by measuring how the level of community readiness in accepting the e Lampid application and how the community's satisfaction with the implementation of the e Lampid application. In general, the e Lampid application aims to increase community satisfaction by providing convenience for population administration services for the people of Surabaya City. This study aims to determine the level of readiness and satisfaction with the implementation of the e Lampid application in the city of Surabaya. This study uses three methods, namely Technology Acceptance Model 3 (TAM 3), Servqual and Kano Methods. The Technology Acceptance Model 3 aims to explain and estimate user acceptance of a technology product. The Servqual method is a method for measuring service quality which is also known as the Gap and is closely related to the satisfaction model. The Kano method is a service user satisfaction index that is needed to determine the level of service user satisfaction by taking into account the level of satisfaction of the services provided by the Surabaya City Government. With data collection techniques using two sources of data to be analyzed, namely primary data and secondary data. So with the research and calculations above, it can be concluded that the e Lampid application implemented by the Surabaya City Government is still not known or understood thoroughly by the public, especially the City of Surabaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.834 3 Bud p-1 2022
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, e Lampid, TAM 3, Servqual, Kano, Public Service
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:18
Last Modified: 10 Jul 2024 08:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108238

Actions (login required)

View Item View Item