Sidabutar, Kezia Angelique (2024) Modifikasi Celebrity Influence Model dan Pengaruh Persuasion Knowledge pada Media Sosial terhadap Purchase Intention Menggunakan PLS-SEM. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
|
Text
5026201052-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Konteks: Penggunaan media sosial di Indonesia mengalami peningkatan, memunculkan social media celebrities (SMC) bidang fashion dan beauty. Perusahaan memanfaatkan SMC sebagai key opinion leader untuk meningkatkan intensi pembelian followers.
Permasalahan: Diperlukan analisis mengenai pengaruh SMC bidang fashion dan beauty terhadap intensi pembelian followers, dengan mempertimbangkan faktor pemoderasi, seperti parasocial relationship (PSR) dan identification.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi intensi pembelian dari followers SMC bidang fashion dan beauty pada Instagram, TikTok, dan YouTube serta dampak tidak langsung melalui PSR, identifikasi, dan social media platform (SMP).
Metode: Penelitian ini menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan mengadopsi Celebrity Influence Model (CIM) untuk menganalisis pengaruh aktivitas SMC, PSR, dan identifikasi dari followers. Persuasion knowledge ditambahkan sebagai variabel eksogen yang memengaruhi variabel endogen purchase intention.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan PSR dan SMP berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention dengan path coefficient 0,588; 0,279 serta t-statistics 6,848; 3,011. Identification dipengaruhi oleh SMC dan PSR secara positif dan signifikan dengan path coefficient sebesar 0,320; 0,588 dan t-statistics sebesar 3,802; 0,000. PSR dipengaruhi oleh SMC secara positif dan signifikan dengan path coefficient dan t-statistic sebesar 0,607; 9,424. Kemudian, SMC dan identification berhubungan secara positif tetapi tidak signifikan dengan purchase intention dengan nilai path coefficient sebesar 0,000; 0,206 dan t-statistics sebesar 0,001; 1,717. Adapun SMP tidak memoderasi PSR, identification, dan purchase intention dengan nilai path coefficient sebesar -0,062; 0,016; 0,021 dan t-statistics sebesar 0,511; 0,132; 0,233. Terakhir, persuasion knowledge memengaruhi purchase intention dengan hasil path coefficient sebesar -0,018 dan t-statistics 0,385.
Nilai Tambah: Penelitian ini diharapkan dapat memberikan analisis faktor-faktor yang memengaruhi intensi pembelian followers SMC bidang fashion dan beauty di Instagram, TikTok, dan YouTube untuk pengembangan penelitian selanjutnya serta rekomendasi bagi brand yang memanfaatkan SMC sebagai wadah pemasaran.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Celebrity Influence Model, Partial Least Square-Structural Equation Modeling, Persuasion Knowledge, Purchase Intention, Social Media Celebrities |
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction Q Science Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling. |
| Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
| Depositing User: | Kezia Angelique Sidabutar |
| Date Deposited: | 31 Jul 2024 08:38 |
| Last Modified: | 31 Jul 2024 08:38 |
| URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/110576 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
