STUDI EKSPERIMEN VARIASI ROLLER 7 GRAM, 10 GRAM, 11 GRAM DAN 12 GRAM PADA CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP KINERJA TRAKSI DAN PERCEPATAN DARI KENDARAAN SCOOPY 110 CC

HABIBULLAH, MUHAMMAD AKIF (2016) STUDI EKSPERIMEN VARIASI ROLLER 7 GRAM, 10 GRAM, 11 GRAM DAN 12 GRAM PADA CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP KINERJA TRAKSI DAN PERCEPATAN DARI KENDARAAN SCOOPY 110 CC. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2110100159-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Saat ini perkembangan dunia otomotif khususnya sepeda motor terus dikembangkan untuk mendapatkan kenyamanan dalam pengendalian. Produsen otomotif khususnya roda dua (sepeda motor) telah memproduksi kendaraan yang memakai sistem transmisi otomatis yang disebut dengan CVT (Continuously Variable Transmission) sistem. Sistem transmisi ini tidak menggunakan roda gigi namun memanfaatkan sistem pulley and belt. Banyaknya variasi massa roller yang dijual dipasaran dan memiliki variasi massa yang berbeda-beda mengindikasikan bahwa pemilihan massa roller yang sesuai, dapat memperbaiki performa dari kendaraan standart. Dan ini yang mendasari terlaksananya tugas akhir kali ini. Pada tugas akhir ini data yang ingin diperoleh adalah gaya dorong, kecepatan, percepatan dan gaya hambat total kendaraan. Untuk mendapatkan gaya dorong, perlu dilakukan dynotest langsung pada roda belakang dengan variasi beberapa massa roller yang nantinya akan didapatkan data berupa besarnya torsi roda dan kecepatan putaran engine. Kecepatan didapatkan dari nilai torsi engine dan rasio transmisi. Percepatan dari variasi massa roller didapatkan dari gaya dorong, gaya hambat total dan total massa. Setelah didapatkan grafik gaya dorong, kecepatan dan percepatan maka akan dimasukkan nilai gaya hambat total yang terdiri dari gaya ii hambat angin dan gaya hambat akibat tanjakan. Gaya hambat angin didapatkan dari nilai koefisien drag dan luas frontal kendaraan. Gaya hambat akibat tanjakan diperoleh dari massa total kendaraan yang berubah akibat variasi tanjakan yaitu sebesar 5 derajat, 10 derajat, 15 derajat dan 20 derajat. Pada tugas akhir ini massa roller standar sebesar 12 gram dan akan divariasikan dengan massa roller 7 gram, 10 gram dan 11 gram. Adapun hasil yang didapatkan bahwa roller 12 gram menghasilkan nilai rata-rata gaya dorong terbesar pada kecepatan rendah sampai tinggi. Sehingga, roller 12 gram merupakan roller paling baik serta cocok digunakan untuk berkendara di jalan yang terdapat tanjakan maupun datar juga memaksimalkan acceleration dan top speed. Karena untuk melewati kondisi jalan tersebut dibutuhkan kendaraan dengan nilai gaya dorong dan percepatan yang besar pada kecepatan rendah sampai tinggi. Roller 10 dan 11 gram juga cocok digunakan pada kondisi yang sama. Karena roller ini mampu menghasilkan nilai gaya dorong dan percepatan yang lebih tinggi di beberapa tingkat kecepatan tertentu walaupun nilai rata –rata gaya dorong dan percepatan kendaraan pada kecepatan menengah sampai maksimal tidak lebih besar daripada yang dihasilkan roller 12 gram. Pada analisa spin disarankan menggunakan roller 7 gram pada kondisi jalan aspal basah, snow dan ice karena nilai gaya dorong pada roller 7 gram lebih kecil saat kecepatan rendah sampai tinggi daripada nilai gaya dorong roller yang lain. Range kecepatan pada kondisi spin yang dimiliki roller 7 gram juga cenderung lebih pendek dibandingkan roller lainnya. ===================================================================================================== Nowdays, the development of the automotive world, especially motorcycle, continues to be developed in order to get comfort in control. Automotive manufacturers, especially twowells (motorcycle), has been producing vehicles that use automatic transmission system called Continuously Variable Transmission (CVT) system. This transmission system does not use gears, but the harness and belt pulley system. Many variations of mass sold in the market and has a mass that is different variation indicated that the selection of the appropriate roller mass corresponding roller can improve the standart vehicles performance. And this is the underlying implementation of the final assignment. In this final assignment, the data tobe obtained is thurst, speed acceleration and drag of the totoal vehicle. To get the thrust, dynotest need to be done directly on the rear whell with same variation of the mass of a roller that will be obtained data such as the amount of torque and engine speed. Speed is obtainbed from the value of the engine torque and the transmission ratio. Acceleration of the mass variation roller obtained from thrust drag the total and the total mass. Having iv obtained the graph of the trust, speed and acceleration, it will put a drag value of the total consisting of wind drag and drag due to the ramp. The wind drag is obtained from coefficient value of the drag and the frontal area of the vehicle. Drag due to the ramp obtained from the total mass ofthe vehicle has changed due to the variation of the incline at 5 degrees, 10 degrees, 15 degrees, and 20 degrees. In this final assignment, standart roller mass is 12 grams and will be varied with the mass roller 7 grams, 10 grams and 11 grams. The results obtained in the form of highest thrust at low speed is generated by variation of roller 12 grams. While the roller 12 is more suitable for riding on a way that there are incline and flat also maximize acceleration and top speed. Because to pass through road conditions are needed a vehicle with value thrust and acceleration are big on speeds up high. Roller 10 and 11 grams also been appropriated used on equal conditions. Because roller was able to produce values thrust and acceleration a higher some level of certain speed although the value of flattened averaged flattened thrust and the vehicle on speed medium to maximum is not much greater than is produced a roller 12 grams. In the spin analysis is adviseble to use a roller 7 grams on wet asphalt conditions, snow and ice because of the value of the thrust on roller 7 grams is smaller when on the medium to high speed instead of the values of the other roller thurst.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.244 Hab s
Uncontrolled Keywords: Transmisi Otomatius, Massa Roller, Continuously Variable Transmission
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 18 Jan 2017 07:12
Last Modified: 26 Dec 2018 08:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1755

Actions (login required)

View Item View Item