STUDI EKSPERIMEN VARIASI ROLLER 7 GRAM, 10 GRAM, 11 GRAM DAN 12 GRAM PADA CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP KINERJA TRAKSI DAN PERCEPATAN DARI KENDARAAN SCOOPY 110 CC

HABIBULLAH, MUHAMMAD AKIF (2016) STUDI EKSPERIMEN VARIASI ROLLER 7 GRAM, 10 GRAM, 11 GRAM DAN 12 GRAM PADA CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP KINERJA TRAKSI DAN PERCEPATAN DARI KENDARAAN SCOOPY 110 CC. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2110100159-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
2110100159-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Saat ini perkembangan dunia otomotif khususnya
sepeda motor terus dikembangkan untuk mendapatkan
kenyamanan dalam pengendalian. Produsen otomotif khususnya
roda dua (sepeda motor) telah memproduksi kendaraan yang
memakai sistem transmisi otomatis yang disebut dengan CVT
(Continuously Variable Transmission) sistem. Sistem transmisi ini
tidak menggunakan roda gigi namun memanfaatkan sistem pulley
and belt. Banyaknya variasi massa roller yang dijual dipasaran
dan memiliki variasi massa yang berbeda-beda mengindikasikan
bahwa pemilihan massa roller yang sesuai, dapat memperbaiki
performa dari kendaraan standart. Dan ini yang mendasari
terlaksananya tugas akhir kali ini.
Pada tugas akhir ini data yang ingin diperoleh adalah
gaya dorong, kecepatan, percepatan dan gaya hambat total
kendaraan. Untuk mendapatkan gaya dorong, perlu dilakukan
dynotest langsung pada roda belakang dengan variasi beberapa
massa roller yang nantinya akan didapatkan data berupa
besarnya torsi roda dan kecepatan putaran engine. Kecepatan
didapatkan dari nilai torsi engine dan rasio transmisi.
Percepatan dari variasi massa roller didapatkan dari gaya
dorong, gaya hambat total dan total massa. Setelah didapatkan
grafik gaya dorong, kecepatan dan percepatan maka akan
dimasukkan nilai gaya hambat total yang terdiri dari gaya
ii
hambat angin dan gaya hambat akibat tanjakan. Gaya hambat
angin didapatkan dari nilai koefisien drag dan luas frontal
kendaraan. Gaya hambat akibat tanjakan diperoleh dari massa
total kendaraan yang berubah akibat variasi tanjakan yaitu
sebesar 5 derajat, 10 derajat, 15 derajat dan 20 derajat. Pada
tugas akhir ini massa roller standar sebesar 12 gram dan akan
divariasikan dengan massa roller 7 gram, 10 gram dan 11 gram.
Adapun hasil yang didapatkan bahwa roller 12
gram menghasilkan nilai rata-rata gaya dorong terbesar
pada kecepatan rendah sampai tinggi. Sehingga, roller 12
gram merupakan roller paling baik serta cocok digunakan
untuk berkendara di jalan yang terdapat tanjakan maupun
datar juga memaksimalkan acceleration dan top speed.
Karena untuk melewati kondisi jalan tersebut dibutuhkan
kendaraan dengan nilai gaya dorong dan percepatan yang
besar pada kecepatan rendah sampai tinggi. Roller 10 dan
11 gram juga cocok digunakan pada kondisi yang sama.
Karena roller ini mampu menghasilkan nilai gaya dorong
dan percepatan yang lebih tinggi di beberapa tingkat
kecepatan tertentu walaupun nilai rata –rata gaya dorong
dan percepatan kendaraan pada kecepatan menengah
sampai maksimal tidak lebih besar daripada yang
dihasilkan roller 12 gram. Pada analisa spin disarankan
menggunakan roller 7 gram pada kondisi jalan aspal basah,
snow dan ice karena nilai gaya dorong pada roller 7 gram
lebih kecil saat kecepatan rendah sampai tinggi daripada
nilai gaya dorong roller yang lain. Range kecepatan pada
kondisi spin yang dimiliki roller 7 gram juga cenderung
lebih pendek dibandingkan roller lainnya.

=====================================================================================================

Nowdays, the development of the automotive world,
especially motorcycle, continues to be developed in order to get
comfort in control. Automotive manufacturers, especially twowells
(motorcycle), has been producing vehicles that use
automatic transmission system called Continuously Variable
Transmission (CVT) system. This transmission system does not
use gears, but the harness and belt pulley system. Many
variations of mass sold in the market and has a mass that is
different variation indicated that the selection of the appropriate
roller mass corresponding roller can improve the standart
vehicles performance. And this is the underlying implementation
of the final assignment.
In this final assignment, the data tobe obtained is thurst,
speed acceleration and drag of the totoal vehicle. To get the
thrust, dynotest need to be done directly on the rear whell with
same variation of the mass of a roller that will be obtained data
such as the amount of torque and engine speed. Speed is
obtainbed from the value of the engine torque and the
transmission ratio. Acceleration of the mass variation roller
obtained from thrust drag the total and the total mass. Having
iv
obtained the graph of the trust, speed and acceleration, it will put
a drag value of the total consisting of wind drag and drag due to
the ramp. The wind drag is obtained from coefficient value of the
drag and the frontal area of the vehicle. Drag due to the ramp
obtained from the total mass ofthe vehicle has changed due to the
variation of the incline at 5 degrees, 10 degrees, 15 degrees, and
20 degrees. In this final assignment, standart roller mass is 12
grams and will be varied with the mass roller 7 grams, 10 grams
and 11 grams.
The results obtained in the form of highest thrust at low
speed is generated by variation of roller 12 grams. While the
roller 12 is more suitable for riding on a way that there are
incline and flat also maximize acceleration and top speed.
Because to pass through road conditions are needed a vehicle
with value thrust and acceleration are big on speeds up high.
Roller 10 and 11 grams also been appropriated used on equal
conditions. Because roller was able to produce values thrust and
acceleration a higher some level of certain speed although the
value of flattened averaged flattened thrust and the vehicle on
speed medium to maximum is not much greater than is produced
a roller 12 grams. In the spin analysis is adviseble to use a roller
7 grams on wet asphalt conditions, snow and ice because of the
value of the thrust on roller 7 grams is smaller when on the
medium to high speed instead of the values of the other roller
thurst.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.244 Hab s
Uncontrolled Keywords: Transmisi Otomatius, Massa Roller, Continuously Variable Transmission
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 18 Jan 2017 07:12
Last Modified: 26 Dec 2018 08:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1755

Actions (login required)

View Item View Item