ANALISIS PREDIKSI MINAT PELANGGAN UNTUK BERBELANJA ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN DECOMPOSED THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (STUDI KASUS : KOTA SURABAYA)

HARICAHYO, DESTIAN ADITYA (2016) ANALISIS PREDIKSI MINAT PELANGGAN UNTUK BERBELANJA ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN DECOMPOSED THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (STUDI KASUS : KOTA SURABAYA). In: Tugas Akhir, Information System.

[img]
Preview
Text
5210100050-paperpdf.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5210100050-precentationpdf.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

E-commerce merupakan salah satu media aplikasi yang digunakan dalam bisnis yang berupa transaksi elektronik baik dalam bentuk jasa maupun produk. Di Indonesia bisnis dengan ecommerce sangat menjanjikan, salah satunya adalah Business to Consumer (B2C). B2C merupakan kegiatan e-business dengan pelayanan secara langsung dari retailer terhadap pelanggan berupa barang atau jasa. Dengan semakin meningkatnya peran teknologi dalam transaksi jual beli online ini, maka banyak dimanfaatkan para retailer dalam memasarkan produk dan jasa mereka. Dalam penggunaan toko online tidak ada signifikansi antara pembelian secara online dengan teknologi yang digunakan, sehingga perlu dilakukan analisa. Dalam tugas akhir ini model yang digunakan Theory Decomposed of Planned Behaviour (DTPB) dimana membantu memprediksi bagaimana minat pelanggan dalam berbelanja secara online dengan. Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk dilakukan pendekatan dan analisis terhadap dua belas variabel yaitu, Actual Usage, Behavior Intention, Attitude, Perceived Usefulness, Perceived ease of Use, Compatibility, Subjective Norm, Internal Influence, External Influence, Perceived Behavior Control, Self Efficacy, Facilitating Conditions yang nantinya untuk menganalisa korelasi tiap variabel terhadap laten dan analisa hipotesis dari penelitian SEM juga digunakan untuk mengolah data kuesioner dari 157 pelanggan yang menggunakan toko online dikota Surabaya. Hasil dari Tugas Akhir ini menunjukkan bahwa sistem yang digunakan pada toko online dinyatakan sudah cukup berhasil yang dinyatakan dari sudut pandang pelanggan. Hipotesahipotesa yang dibangun juga telah dipenuhi kecuali H3, H4, H5, H7 dimana subjective norm mempengaruhi Behavior Intention secara, Perceived Behavioral Control mempengaruhi Behavioral Intention, Perceived Behavioral Control mempengaruhi Actual Usage secara, Perceived ease of use mempengaruhi Attitude, rekomendasi-rekomendasi yang diberikan berdasarkan hasil pengujian dapat digunakan untuk perbaikan serta penelitian dimasa yang akan datang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Minat Pelanggan; Belanja Online; Decomposed Theory of Planned Behavior; Structural Equation Modeling.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 08 Jun 2016 18:07
Last Modified: 26 Dec 2018 08:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item View Item