ANALISIS PREDIKSI MINAT PELANGGAN UNTUK BERBELANJA ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN DECOMPOSED THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (STUDI KASUS : KOTA SURABAYA)

HARICAHYO, DESTIAN ADITYA (2016) ANALISIS PREDIKSI MINAT PELANGGAN UNTUK BERBELANJA ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN DECOMPOSED THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (STUDI KASUS : KOTA SURABAYA). In: Tugas Akhir, Information System.

[thumbnail of 5210100050-paperpdf.pdf]
Preview
Text
5210100050-paperpdf.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5210100050-precentationpdf.pdf]
Preview
Text
5210100050-precentationpdf.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

E-commerce merupakan salah satu media aplikasi yang
digunakan dalam bisnis yang berupa transaksi elektronik baik
dalam bentuk jasa maupun produk. Di Indonesia bisnis dengan ecommerce sangat menjanjikan, salah satunya adalah Business to Consumer (B2C). B2C merupakan kegiatan e-business dengan
pelayanan secara langsung dari retailer terhadap pelanggan
berupa barang atau jasa. Dengan semakin meningkatnya peran
teknologi dalam transaksi jual beli online ini, maka banyak
dimanfaatkan para retailer dalam memasarkan produk dan jasa
mereka. Dalam penggunaan toko online tidak ada signifikansi
antara pembelian secara online dengan teknologi yang
digunakan, sehingga perlu dilakukan analisa. Dalam tugas akhir ini model yang digunakan Theory Decomposed of Planned Behaviour (DTPB) dimana membantu memprediksi bagaimana minat pelanggan dalam berbelanja secara online dengan. Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk dilakukan pendekatan dan analisis terhadap dua
belas variabel yaitu, Actual Usage, Behavior Intention, Attitude, Perceived Usefulness, Perceived ease of Use, Compatibility, Subjective Norm, Internal Influence, External Influence, Perceived Behavior Control, Self Efficacy, Facilitating Conditions yang nantinya untuk menganalisa korelasi tiap variabel terhadap laten dan analisa hipotesis dari penelitian SEM juga digunakan untuk mengolah data kuesioner dari 157 pelanggan yang menggunakan toko online dikota Surabaya. Hasil dari Tugas Akhir ini menunjukkan bahwa sistem yang digunakan pada toko online dinyatakan sudah cukup berhasil yang dinyatakan dari sudut pandang pelanggan. Hipotesahipotesa yang dibangun juga telah dipenuhi kecuali H3, H4, H5, H7 dimana subjective norm mempengaruhi Behavior Intention secara, Perceived Behavioral Control mempengaruhi Behavioral Intention, Perceived Behavioral Control mempengaruhi Actual
Usage secara, Perceived ease of use mempengaruhi Attitude,
rekomendasi-rekomendasi yang diberikan berdasarkan hasil
pengujian dapat digunakan untuk perbaikan serta penelitian
dimasa yang akan datang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Minat Pelanggan; Belanja Online; Decomposed Theory of Planned Behavior; Structural Equation Modeling.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 08 Jun 2016 18:07
Last Modified: 26 Dec 2018 08:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item View Item