Pembuatan World Generator Pada Game Little Star For Little Wars

Rama, Uma Patu (2016) Pembuatan World Generator Pada Game Little Star For Little Wars. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5111100094-Undergraduate Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini game memiliki perkembangan yang sangat pesat. Kebanyakan game yang dibuat sampai saat ini menggunakan level manual atau level yang sudah ditentukan oleh pembuat game tersebut. Saat pemain telah menyelesaikan game yang dimainkan, pemain tersebut kemungkinan akan merasa bosan karena jika pemain mengulangi permainan tersebut dari awal, keadaannya akan sama berdasarkan tingkat kesulitan yang sudah dimainkan sebelumnya. Dalam tugas akhir ini dibuat World Generator yang digunakan untuk membuat world yang berbeda dengan tingkat kesulitan yang hampir sama dalam suatu level, sehingga pemain dapat bermain berulang – ulang dengan keadaan world yang berbeda pada level yang sama. World yang dihasilkan oleh World Generator juga harus seimbang agar tidak terlalu menguntungkan atau merugikan pemain maupun lawan. Metode World Generator yang dibuat di game Little Star for Little Wars, terdiri dari tiga bagian. Yang pertama yaitu menentukan nilai jumlah planet, banyak musuh, dan kecepatan regenerasi musuh untuk setiap level dari game Little Star for Little Wars. Bagian selanjutnya yaitu pembuatan world yang terdiri dari penentuan posisi setiap planet dan pembuatan edge. Bagian yang ketiga yaitu penentuan world yang adil yang terdiri dari penentuan planet awal untuk pemain dan musuh, dan penentuan nilai untuk planet – planet yang belum dikuasai oleh pemain atau musuh. Pengujian dilakukan dengan memainkan game di level yang sama beberapa kali untuk menunjukkan world yang dinamis dan seimbang pada level yang dipilih. Pengujian kecepatan pembuatan world juga dilakukan di level yang sama sebanyak lima kali untuk mendapatkan kecepatan rata – rata pembuatan world di setiap level. Hasil dari tugas akhir ini adalah world yang dinamis dan seimbang dalam game Little Star for Little Wars dengan menggunakan world generator. Dan hasil yang lain adalah rata – rata hasil kecepatan pembuatan world untuk setiap level dalam game Little Star for Little Wars. =============================================================================================== Game today has very rapid development. Most of the game that ever made until today use manual level or level that already decided by the game maker. When player has finish the game, the player may feel bored because if player repeat the game from the start, the situation will be the same depend on the level that already played before. In this final project, World Generator is made which used to make different world with degree of difficulty that almost the same in some level, so that player can play repeatedly with different world in the same level. World that creted with world generator need to be balance so that neither player or enemy get too advantage or disadvantage. World Generator method which made in game Little Star for Little Wars, consist of three parts. The first one is determine value of planet, enemies, and the speed of enemy regeneration of every level. Next part is making world that consist of determining postition of every planets and creating edge. The third part is determine the fair world that consist of determining first planet for player and enemies, and determine value for planets that yet ruled by player or enemies. Testing is done by playing the game in the same level a few times to show dynamic and balanced world in the choosen level. Creating world speed testing is done in the same level by five times to get the average speed of creating world. Result of this final project is dynamic world and balanced world in game Little Star for Little Wars using world generator. And the other result is the average result of creating world speed for every level in game Little Star for Little Wars.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.3 Ram p
Uncontrolled Keywords: World Generator, Level, Game
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 02 Oct 2017 07:26
Last Modified: 27 Dec 2018 06:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48893

Actions (login required)

View Item View Item