Pembuatan World Generator Pada Game Little Star For Little Wars

Rama, Uma Patu (2016) Pembuatan World Generator Pada Game Little Star For Little Wars. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5111100094-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
5111100094-Undergraduate Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini game memiliki perkembangan yang sangat pesat.
Kebanyakan game yang dibuat sampai saat ini menggunakan
level manual atau level yang sudah ditentukan oleh pembuat
game tersebut. Saat pemain telah menyelesaikan game yang
dimainkan, pemain tersebut kemungkinan akan merasa bosan
karena jika pemain mengulangi permainan tersebut dari awal,
keadaannya akan sama berdasarkan tingkat kesulitan yang sudah
dimainkan sebelumnya.
Dalam tugas akhir ini dibuat World Generator yang
digunakan untuk membuat world yang berbeda dengan tingkat
kesulitan yang hampir sama dalam suatu level, sehingga pemain
dapat bermain berulang – ulang dengan keadaan world yang
berbeda pada level yang sama. World yang dihasilkan oleh World
Generator juga harus seimbang agar tidak terlalu
menguntungkan atau merugikan pemain maupun lawan.
Metode World Generator yang dibuat di game Little Star
for Little Wars, terdiri dari tiga bagian. Yang pertama yaitu
menentukan nilai jumlah planet, banyak musuh, dan kecepatan
regenerasi musuh untuk setiap level dari game Little Star for
Little Wars. Bagian selanjutnya yaitu pembuatan world yang
terdiri dari penentuan posisi setiap planet dan pembuatan edge.
Bagian yang ketiga yaitu penentuan world yang adil yang terdiri
dari penentuan planet awal untuk pemain dan musuh, dan
penentuan nilai untuk planet – planet yang belum dikuasai oleh
pemain atau musuh.
Pengujian dilakukan dengan memainkan game di level
yang sama beberapa kali untuk menunjukkan world yang dinamis
dan seimbang pada level yang dipilih. Pengujian kecepatan
pembuatan world juga dilakukan di level yang sama sebanyak
lima kali untuk mendapatkan kecepatan rata – rata pembuatan
world di setiap level.
Hasil dari tugas akhir ini adalah world yang dinamis dan
seimbang dalam game Little Star for Little Wars dengan
menggunakan world generator. Dan hasil yang lain adalah rata – rata hasil kecepatan pembuatan world untuk setiap level dalam
game Little Star for Little Wars.
===============================================================================================
Game today has very rapid development. Most of the
game that ever made until today use manual level or level that
already decided by the game maker. When player has finish the
game, the player may feel bored because if player repeat the
game from the start, the situation will be the same depend on the
level that already played before.
In this final project, World Generator is made which used
to make different world with degree of difficulty that almost the
same in some level, so that player can play repeatedly with
different world in the same level. World that creted with world
generator need to be balance so that neither player or enemy get
too advantage or disadvantage.
World Generator method which made in game Little Star
for Little Wars, consist of three parts. The first one is determine
value of planet, enemies, and the speed of enemy regeneration of
every level. Next part is making world that consist of determining
postition of every planets and creating edge. The third part is
determine the fair world that consist of determining first planet
for player and enemies, and determine value for planets that yet
ruled by player or enemies.
Testing is done by playing the game in the same level a
few times to show dynamic and balanced world in the choosen
level. Creating world speed testing is done in the same level by
five times to get the average speed of creating world.
Result of this final project is dynamic world and balanced
world in game Little Star for Little Wars using world generator.
And the other result is the average result of creating world speed
for every level in game Little Star for Little Wars.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.3 Ram p
Uncontrolled Keywords: World Generator, Level, Game
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 02 Oct 2017 07:26
Last Modified: 27 Dec 2018 06:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48893

Actions (login required)

View Item View Item