Analisis Kualitas Pelayanan Rusunawa di Surabaya (Studi kasus: Rusunawa Gunung Sari, Rusunawa Siwalankerto, dan Rusunawa Penjaringan Sari III)

Purwaningdyah, Niken Wulandari (2017) Analisis Kualitas Pelayanan Rusunawa di Surabaya (Studi kasus: Rusunawa Gunung Sari, Rusunawa Siwalankerto, dan Rusunawa Penjaringan Sari III). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114207803-MASTER TESIS.pdf]
Preview
Text
3114207803-MASTER TESIS.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kota Surabaya, mempunyai beberapa rusunawa yang tersebar di berbagai wilayah di Kota Surabaya. Rusunawa-rusunawa tersebut dimiliki dan dikelola dengan pola pengelolaan yang berbeda-beda. Sebagai objek penelitian, yaitu Rusunawa Penjaringan Sari III merupakan aset milik Pemerintah Kota Surabaya yang dikelola dengan pola pengelolaan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) , Aparna Graha Utama A.Yani yang dimiliki oleh PT. Jatim Graha Utama yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Timur dikelola dengan pola pengelolaan BUMD, serta Rusunawa Gunungsari yang merupakan aset Pemerintah Provinsi Jawa Timur dikelola dengan pola pengelolaan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur. Pengelolaan rusunawa yang baik pada akhirnya bermuara pada kepuasan penghuni rusunawa, dan tercapainya tujuan pembangunan rusunawa.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan rusunawa di 3 rusunawa tersebut ditinjau dari kepuasan penghuni, menganalisis organisasi pengelola rusunawa, dan menganalisis pengelolaan rusunawa berdasarkan kepuasan penghuni dan organisasi pengelola. Kepuasan penghuni rusunawa terhadap pelayanan pengelola dianalisis menggunakan metode Importance Performance Analysis, sedangkan organisasi pengelola dianalisis menggunakan model 7s Mc Kinsey agar dapat diidentifikasi kondisi organisasi pengelola rusunawa saat ini, kemudian hasil dari kedua analisis ini digunakan sebagai bahan untuk menganalisis strategi pengelolaan rusunawa di masa mendatang. Pengolahan data dalam penelitian ini berasal dari data primer yang diperoleh dari kuesioner penghuni dan wawancara pengelola rusunawa, sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur dan penelitian terdahulu.
Hasil akhir yang didapatkan adalah kepuasan penghuni yang diukur berdasarkan perbandingan antara persepsi dan harapan penghuni (Tingkat Kesesuaian Total) Rusunawa Gunung Sari adalah sebesar 74.18%, Aparna Graha Utama A. Yani sebesar 84,15%, dan Rusunawa Penjaringan Sari III sebesar 91,15%. Kondisi organisasi sesuai variabel 7s Mc Kinsey yang berkontribusi terhadap kinerja pengelola di kuadran I pada semua rusunawa adalah berupa variabel sistem pemeliharaan dan perawatan yaitu tidak adanya atau tidak dilaksanakannya Standard Operating Procedure (SOP) perawatan dan pemeliharaan serta variabel anggaran dan pembiayaan berupa keterbatasan anggaran. Berdasarkan hasil analisis kepuasan penghuni dan analisis organisasi diketahui bahwa untuk meningkatkan kinerja pengelola yang berada di kuadran I maka semua pengelola rusunawa perlu untuk memperbaiki sistem pemeliharaan dan perawatan yaitu dengan membuat dan melaksanakan SOP perawatan dan pemeliharaan rusunawa serta memperhatikan variabel anggaran dan pembiayaan dengan menyediakan anggaran yang cukup untuk pengelolaan rusunawa.
=====================================================================================================
Surabaya, as the one of metropolitan city in Indonesia has low-cost rental apartments (rusunawa) spread in various area in Surabaya. These rusunawas are managed by different forms of management body, Rusunawa Gunung Sari is operated by Office of Public Housing and Human Settlements East Java Province, Rusunawa Penjaringan Sari III is operated by Technical Operation Unit (management body) under the Office of Land and Building, Surabaya city government, and Aparna Graha Utama A. Yani is operated by PT Jatim Graha Utama (BUMD/provincial company). Good management of rusunawa ultimately leads to satisfaction of occupants.
This study aims to analyze the service quality of rusunawa at 3 rusunawas mentioned above in terms of occupants satisfaction, to analyze the management body of rusunawa, and to analyze the rusunawa management based on occupants satisfaction and management body to solve the weaknesses of rusunawa management. Analysis of occupants satisfaction is conducted by using Importance Performance Analysis method, while management body analysis is conducted by using 7s Mc Kinsey model as an analytical framework to identify the condition of management body at this time, then the results of these two analysis are used as inputs to analyze the rusunawa management improvement.
The final result shows that the comparison between perception and expectation of occupant (Total Compliance Level) for Rusunawa Gunung Sari is equal to 74.18%, for Aparna Graha Utama A. Yani is equal to 84.15% and for Rusunawa Penjaringan Sari III is equal to 91.15%. the absence or inadequate legislation/system of maintenance and financial factor are management conditions that contribute to management low performance as indicated in quadrant I in all rusunawas. To improve the management performance which are indicated in quadrant I, the management bodies need to create and to implement the maintenance standar operating procedure as well as sufficient budget provision for rusunawa management.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTS 658.812 Pur a-1 3100018074174
Uncontrolled Keywords: manajemen aset infrastruktur, rusunawa, kepuasan penghuni rusunawa, Importance Performance Analysis, model 7s Mc Kinsey
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD31 Management--Evaluation
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
N Fine Arts > NA Architecture > NA6602.D6 Dormitories
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Purwaningdyah Niken Wulandari
Date Deposited: 19 Feb 2018 02:55
Last Modified: 18 Apr 2020 21:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49171

Actions (login required)

View Item View Item