Pengaruh Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention Dan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Pegawai Tidak Tetap/PTT Di PT. SCI Cabang Surabaya)

Muliawati, Dea Nathisa (2018) Pengaruh Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention Dan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Pegawai Tidak Tetap/PTT Di PT. SCI Cabang Surabaya). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Turnover Intention dapat berdampak pada penurunan kinerja karyawan, sedangkan keberhasilan perusahaan sangat dipengaruhi oleh kinerja karyawannya. Berbagai cara bisa ditempuh untuk memperoleh kinerja karyawan yang efektif dan efisien. Saat ini banyak perusahaan menggunakan tenaga kerja Outsourcing. Salah satu diantaranya adalah pada perusahaan PT. SCI Cabang Surabaya dimana Outsourcing yang dimaksud disini adalah Pegawai Tidak Tetap (PTT), dan apabila dilihat dari hasil jumlah karyawan Pegawai Tidak Tetap (PTT) pada tahun 2016 adalah 62%dari total jumlah Pegawai Tetap (PT). Dari hasil survey yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tingkat turnover Pegawai Tidak Tetap (PTT) PT. SCI Cabang Surabaya mencapai 10,9% atau sebanyak 37 karyawan pada tahun 2016. Dari tingginya tingkat turnover yang terjadi maka perlu diketahui apa saja faktor-faktor yang berpengaruh agar Turnover Intention karyawan dapat ditekan. Untuk menjawab permasalahan, dalam penelitian ini akan dikembangkan sebuah model penelitian empiris dengan menggunakan 4 variabel penelitian, yaitu kepuasan kerja, komitmen organisasional, Turnover Intention, dan kinerja karyawan. Dari keempat variabel tersebut nantinya akan dirumuskan dalam 5 hipotesis penelitian. Penilitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari responden melalui penyebaran kuisioner kepada Pegawai Tidak Tetap (PTT) PT. SCI Cabang Surabaya, dengan jumlah responden sebanyak 150 responden dan analisis data menggunakan SEM-PLS. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa komitmen organisasi dan kepuasan kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap turnover intention, untuk variabel turnover intention dan komitmen organisasi juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan variable kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Saran perbaikan diberikan kepada PT. SCI Cabang Surabaya pada bagian akhir penelitian agar dapat lebih meningkatkan kinerjanya lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT Mul p
Uncontrolled Keywords: Turnover Intention, Kinerja karyawan, Kepuasan kerja, Komitmen Organisasional
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD31 Management--Evaluation
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Management Technology
Depositing User: Dea Nathisa Muliawati
Date Deposited: 01 Mar 2018 02:10
Last Modified: 01 Mar 2018 02:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49674

Actions (login required)

View Item View Item