Analisis Critical Success Factor Untuk Implementasi Digital Bisnis Di Indonesia (Studi Kasus : Online Travel Agency)

Raudy, Thirafi (2018) Analisis Critical Success Factor Untuk Implementasi Digital Bisnis Di Indonesia (Studi Kasus : Online Travel Agency). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5214100181_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5214100181_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tren transformasi digital yang saat ini sedang berlangsung, menyebabkan perusahaan berlomba-lomba untuk mengembangkan strategi bisnis digitalnya masing-masing. Namun sudah banyak bukti yang kuat bahwa sebagian besar perusahaan gagal dalam menerapkan strategi digital businessnya. Strategi digital business yang diformulasikan dengan baik tentunya akan membawa kesuksesan bagi perusahaan serta memberikan value kepada perusahaan tersebut.
Penelitian ini mengidentifikasi critical success factor untuk kesuksesan penerapan bisnis digital di Indonesia. Langkah pertama adalah mengidentifikasi CSF yang telah disebutkan dari literatur dan penelitian sebelumnya, kemudian dari CSF yang teridentifikasi akan dilakukan validasi dengan praktisi digital business di Indonesia dengan cara in-depth interview untuk mendapatkan perspektif praktisi mengenai CSF tersebut serta untuk memastikan CSF tersebut relevan dengan kondisi lapangan yang ada di Indonesia.
Hasil dari penelitian menunjukkan sekelompok faktor-faktor yang menjadi penentu keberhasilan bisnis digital di Indonesia. Selain itu juga didapatkan kondisi terkini di Indonesia serta permasalahan yang ada terkait penerapan bisnis digital. Hal ini bisa menjadi acuan bagi perusahaan yang ingin mengembangkan bisnis digital tentang hal-hal yang harus mendapatkan perhatian untuk mencapai kesuksesan.
=====================================================================================================
Digital transformation trends are currently underway, causing companies to compete to develop their own digital business strategy. But there is strong evidence that most companies fail to implement their digital business strategies. A well formulated digital business strategy will certainly bring success to the company and provide value to the company.
This study identifies critical success factors for the successful implementation of digital business in Indonesia. The first step is to identify the mentioned CSF from the previous literature and research, then from the identified CSF will be validated with the digital business practitioners in Indonesia by in-depth interview to gain practitioners' perspectives on the CSF and to ensure the CSF is relevant to the field conditions that exist in
Indonesia. The results of the study show a group of factors that determine the success of digital business in Indonesia. In addition, the latest conditions in Indonesia and the existing problems related to the implementation of digital business are also obtained. This
can be a reference for companies that wants to develop a digital business strategy to achieve success.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 658.401 2 Rau a-1 3100018074797
Uncontrolled Keywords: digital business; critical success factor (CSF); digital business strategy
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Thirafi Raudy
Date Deposited: 05 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Jul 2020 05:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49783

Actions (login required)

View Item View Item