Analisis Pengaruh Persepsi Global untuk Strategi Perusahaan Lokal pada Perilaku Wanita dalam Pembelian Kosmetik di Surabaya

Navitasari, Nabila (2018) Analisis Pengaruh Persepsi Global untuk Strategi Perusahaan Lokal pada Perilaku Wanita dalam Pembelian Kosmetik di Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
09111440000022-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pasar industri kosmetik di Indonesia bertumbuh secara positif setiap tahunnya. Hal ini sejalan dengan perkiraan pertumbuhan industri kosmetik dengan angka diatas 10% di kawasan Asia Pasifik pada tahun 2015–2030. Hal tersebut membuat perusahaan kosmetik asing memasuki pasar Indonesia dan terus bertambah tiap waktunya. Tentunya hal ini berdampak pada perusahaan produsen kosmetik lokal, untuk tetap dapat bertahan di pasar perusahaan lokal tidak dapat hanya bergantung pada kualitas yang selama ini diunggulkan. Perusahaan kosmetik lokal perlu mengetahui lebih jauh faktor apa saja yang dapat mempengaruhi niat beli produk kosmetik agar dapat memenangkan persaingan sehingga, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi global, persepsi kualitas, persepsi prestise dan persepsi harga pada niat beli konsumen pada kosmetik merek asing. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif-konklusif dengan multiple cross- sectional design, serta teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan menggunakan metode online kepada 473 wanita berusia 17 – 50 tahun yang merupakan pengguna aktif kosmetik di Surabaya dan pernah menggunakan kosmetik merek asing. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Google Form melalui media sosial dan instant messenger. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hipotesis. Temuan penelitian berupa adanya pengaruh positif persepsi global terhadap persepsi kualitas, persepsi prestise dan persepsi harga, yang kemudian ketiganya memiliki pengaruh positif terhadap niat beli kosmetik. Implikasi manajerial dapat diaplikasikan perusahaan kosmetik lokal untuk meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk kosmetik lokal dan meningkatkan pendapatan perusahaan. ========== i HALAMAN JUDUL SKRIPSI ANALIS IS PENGARUH PERSEPSI GLOBAL UNTUK ST R ATEGI PE R USAHAAN LOKAL P ADA PE R ILAKU WANITA DALAM PEM BELI AN KOSMETIK DI SURABAYA NABILA NAVITASARI NRP. 0911440000022 DOSEN PEMBIMBING DR. IR. JANTI GUNAWAN, M.Eng. SC., M.Com.IB NIP. 196811271997022004 KO - PEMBIMBING SATRIA FADIL PERSADA, S.Kom, MBA, Ph.D NIP. 1987201711061 DEPARTEMEN MANAJEMEN BISNIS FAKULTAS BISNIS DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA 201 8 ii (halaman ini sengaja dikosongkan) ii HALAMAN JUDUL UNDERGRADUATE THESIS ANALYSIS OF GLOBAL PERCEPTION FOR LOCAL CORPORATE STRATEGIES IN WOMAN PURCHASE INTENTIO N ON COSMETIC S IN SURABAYA NABILA NAVITASA R I NRP. 0911440000022 SUPERVISOR DR. IR. JANTI GUNAWAN, M.Eng. SC., M. Com.IB NIP. 196811271997022004 CO - SUPERVISOR SATRIA FADIL PERSADA, S. Kom , MBA, Ph. D NIP. 1987201711061 DEPARTEMENT OF BUSINESS MANAGEMENT FACULTY OF BUSINESS MANAGEMENT TECHNOLOGY INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA 201 8 iii (halaman ini sengaja dikosongkan) i ii (halaman ini sengaja dikosongkan) iii ANALISIS PENGARUH PERSEPSI GLOBAL UNTUK STRATEGI PERUSAHAAN LOKAL PADA PERILAKU WANITA DALAM PEMBELIAN KOSMETIK DI SURABAYA Nama : Nabila Navitasari NRP : 0911140000022 Pembimbing : Dr. Ir. Janti Gunawan, M.Eng. SC., M.Com.IB Ko - pembimbing : Satria Fadil Persada, S.Kom, MBA, Ph.D ABSTRAK P asar industri kosmetik di Indonesia bertumbuh secara positif setiap tahunnya. Hal ini sejalan dengan perkiraan pertumbuhan industri kosmetik dengan angka diatas 10% di kawasan Asia Pasifik pada tahun 2015 – 20 3 0. Hal te r sebut membuat perusahaan kosmetik asing me masuk i pasa r Indonesia dan te r us be r tambah tiap waktunya . Tentunya hal ini be r dampak pada pe r usahaan p r odusen kosmetik lokal, untuk tetap dapat be r tahan di pasa r p erusahaan lokal tidak dapat hanya bergantung pada kualitas yan g selama ini diunggu lkan . Perusahaan kosmetik lokal perlu mengetahui lebih jauh faktor apa saja yang dapat mempengaruhi niat beli produk kosmetik agar dapat memenangkan persaingan sehingga, penelitian ini dila kukan untuk mengetahui pengaruh pe r sepsi global, pe r sepsi kualitas, pe r sepsi p r estise dan pe r sepsi ha r ga pada niat beli konsumen pada kosmetik me r ek asing . Metode penelitian ini menggunakan deskriptif - konklusif dengan multiple cross - sectional design , serta teknik pengambilan sampel menggunakan conv e nience sampling. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan menggunakan metode online kepada 473 wanita berusia 17 – 5 0 tahun yang merupakan pengguna aktif kosmetik di Surabaya dan pe r nah menggunakan kosmetik me r ek asing . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Google Form melalui media sosial dan instant messenger. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hipotesis . Temuan penelitian berupa adanya pengaruh positif pe r sepsi global te r hadap pe r sepsi kualitas, pe r sepsi p r estise dan pe r sepsi ha r ga , yang kemudian ketiganya memiliki pengaruh positif terhadap niat beli kosmeti k . Implikasi manajerial dapat diaplikasikan perusahaan kosmetik lokal untuk meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk kosmetik lokal dan meningkatkan pendapatan perusahaan. Kata Kunci: k osmetik, persepsi merek global, persepsi kualitas, persepsi prestise, persepsi harga , niat pembelian iv (halaman ini sengaja dikosongkan) v ANALYSIS OF GLOBAL PERCEPTION FOR LOCAL CORPORATE STRATEGIES IN WOMAN PURCHASE INTENTION ON COSMETICS IN SURABAYA Nama : Nabila Navitasari NRP : 0911140000022 Supervisor : Dr. Ir. Janti Gunawan, M.Eng. SC., M.Com.IB Co - Supervisor : Satria Fadil Persada, S.Kom, MBA, Ph.D ABSTRACT Indonesian cosmetics industry market grown positively and continuously every year. This condition is align with Asia Pacific cosmetics industry which expected grown positively above 10 percent in 2015 - 2030. Cosmetics foreign corporate enter Indonesia market and their number keep increase due Indonesia positive condition. Surely this has an impact on the local cosmetics manufacturer company, to sur vive in Indonesian cosmetic market , local companies can not only rely on the quality that has been favored. Cosmetics local corporate need to learn more about factors that can influence purchase intention of cosmetic products to win the competition, so thi s study was conducted to determine the effect of global perceptions, quality perceptions, perceptions of prestige and price perceptions on consumer purchase intentions on foreign brand cosmetics. This research used descriptive - conclusive design with multi ple cross - sectional design, and sampling technique using convenience sampling. The questionnaires were distributed using online method to 473 women aged 17 - 50 years who are active cosmetic users in Surabaya and have used foreign brand cosmetics. Data col lection is done by using Google Form through social media and instant messenger. This research uses descriptive analysis and using Structural Equation Modeling (SEM) to test the hypothesis. The research findings are positive correlation of global perceptio n toward perception of quality, perception of prestige and perception of price, which then all three have positive correlation to cosmetic purchase intention. Managerial implications can be applied to local cosmetics companies to increase consumer purchase interest in local cosmetic products and increase corporate income.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kosmetik; persepsi merek global; persepsi kualitas; persepsi prestise; persepsi harga; niat pembelian; cosmetics; perceived globalness; perceived quality; perceived prestige; perceived price; purchase intentions
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior.
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC108 Market surveys.
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management
Depositing User: Nabila Navitasari
Date Deposited: 05 Mar 2018 05:26
Last Modified: 05 Mar 2018 05:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49916

Actions (login required)

View Item View Item