Analisis Pengaruh Persepsi Global untuk Strategi Perusahaan Lokal pada Perilaku Wanita dalam Pembelian Kosmetik di Surabaya

Navitasari, Nabila (2018) Analisis Pengaruh Persepsi Global untuk Strategi Perusahaan Lokal pada Perilaku Wanita dalam Pembelian Kosmetik di Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111440000022-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
09111440000022-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pasar industri kosmetik di Indonesia bertumbuh secara positif setiap tahunnya. Hal ini sejalan dengan perkiraan pertumbuhan industri kosmetik dengan angka diatas 10% di kawasan Asia Pasifik pada tahun 2015–2030. Hal tersebut membuat perusahaan kosmetik asing memasuki pasar Indonesia dan terus bertambah tiap waktunya. Tentunya hal ini berdampak pada perusahaan produsen kosmetik lokal, untuk tetap dapat bertahan di pasar perusahaan lokal tidak dapat hanya bergantung pada kualitas yang selama ini diunggulkan. Perusahaan kosmetik lokal perlu mengetahui lebih jauh faktor apa saja yang dapat mempengaruhi niat beli produk kosmetik agar dapat memenangkan persaingan sehingga, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi global, persepsi kualitas, persepsi prestise dan persepsi harga pada niat beli konsumen pada kosmetik merek asing. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif-konklusif dengan multiple cross- sectional design, serta teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan menggunakan metode online kepada 473 wanita berusia 17 – 50 tahun yang merupakan pengguna aktif kosmetik di Surabaya dan pernah menggunakan kosmetik merek asing. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Google Form melalui media sosial dan instant messenger. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hipotesis. Temuan penelitian berupa adanya pengaruh positif persepsi global terhadap persepsi kualitas, persepsi prestise dan persepsi harga, yang kemudian ketiganya memiliki pengaruh positif terhadap niat beli kosmetik. Implikasi manajerial dapat diaplikasikan perusahaan kosmetik lokal untuk meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk kosmetik lokal dan meningkatkan pendapatan perusahaan.
=============================================================================================================

Pasar industri kosmetik di Indonesia bertumbuh secara positif setiap tahunnya. Hal
ini sejalan dengan
perkiraan
pertumbuhan industri kosmetik
dengan angka diatas
10% di kawasan Asia Pasifik
pada tahun 2015

20
3
0.
Hal te
r
sebut
membuat
perusahaan kosmetik
asing me
masuk
i
pasa
r
Indonesia
dan te
r
us be
r
tambah tiap
waktunya
.
Tentunya hal ini be
r
dampak pada pe
r
usahaan p
r
odusen kosmetik lokal,
untuk tetap dapat be
r
tahan di pasa
r
p
erusahaan
lokal
tidak dapat
hanya
bergantung
pada
kualitas yan
g selama ini diunggu
lkan
. Perusahaan
kosmetik lokal
perlu
mengetahui lebih jauh faktor apa saja yang dapat mempengaruhi niat beli produk
kosmetik agar dapat memenangkan persaingan sehingga, penelitian ini dila
kukan
untuk mengetahui pengaruh
pe
r
sepsi global, pe
r
sepsi kualitas, pe
r
sepsi p
r
estise dan
pe
r
sepsi ha
r
ga pada niat beli konsumen
pada kosmetik me
r
ek asing
.
Metode penelitian ini menggunakan deskriptif
-
konklusif
dengan
multiple
cross
-
sectional
design
, serta teknik pengambilan sampel menggunakan
conv
e
nience sampling.
Penyebaran kuesioner dilakukan dengan menggunakan
metode
online
kepada
473
wanita berusia
17

5
0
tahun yang merupakan pengguna
aktif kosmetik di Surabaya
dan pe
r
nah menggunakan kosmetik
me
r
ek asing
.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
Google Form
melalui media
sosial dan
instant messenger.
Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan
menggunakan
Structural Equation Modeling (SEM)
untuk menguji hipotesis
.
Temuan
penelitian
berupa
adanya
pengaruh
positif
pe
r
sepsi global te
r
hadap
pe
r
sepsi kualitas, pe
r
sepsi p
r
estise dan pe
r
sepsi ha
r
ga
, yang kemudian ketiganya
memiliki
pengaruh
positif
terhadap
niat beli kosmeti
k
.
Implikasi manajerial dapat
diaplikasikan perusahaan kosmetik lokal untuk meningkatkan minat beli konsumen
terhadap produk kosmetik lokal
dan meningkatkan pendapatan perusahaan.
Kata Kunci:
k
osmetik,
persepsi merek global, persepsi kualitas, persepsi
prestise, persepsi harga
,
niat pembelian
Indonesian cosmetics industry market grown positively and continuously every
year. This condition is align with Asia Pacific cosmetics industry
which expected
grown positively above 10 percent in 2015
-
2030. Cosmetics foreign corporate enter
Indonesia market and their number keep increase due Indonesia positive condition.
Surely this has an impact on the local cosmetics manufacturer company, to sur
vive
in Indonesian cosmetic market
,
local companies can not only rely on the quality
that has been favored. Cosmetics local corporate need to learn more about factors
that can influence purchase intention of cosmetic products to win the competition,
so thi
s study was conducted to determine the effect of global perceptions, quality
perceptions, perceptions of prestige and price perceptions on consumer purchase
intentions on foreign brand cosmetics.
This research used descriptive
-
conclusive design with multi
ple cross
-
sectional design, and sampling technique using convenience sampling. The
questionnaires were distributed using online method to 473 women aged 17
-
50
years who are active cosmetic users in Surabaya and have used foreign brand
cosmetics. Data col
lection is done by using Google Form through social media and
instant messenger. This research uses descriptive analysis and using Structural
Equation Modeling (SEM) to test the hypothesis. The research findings are positive
correlation of global perceptio
n toward perception of quality, perception of
prestige and perception of price, which then all three have positive correlation to
cosmetic purchase intention. Managerial implications can be applied to local
cosmetics companies to increase consumer purchase
interest in local cosmetic
products and increase corporate income.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMB 658.83 Nav a-1 3100018074861
Uncontrolled Keywords: kosmetik; persepsi merek global; persepsi kualitas; persepsi prestise; persepsi harga; niat pembelian; cosmetics; perceived globalness; perceived quality; perceived prestige; perceived price; purchase intentions
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior.
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC108 Market surveys.
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management
Depositing User: Nabila Navitasari
Date Deposited: 05 Mar 2018 05:26
Last Modified: 10 Jul 2020 03:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49916

Actions (login required)

View Item View Item