Rancang Bangun Aplikasi Pelacak Produk Pasar Online Untuk Meningkatkan Kesadaran Penjual Terhadap Tren Pasar

Amani, Qaedi (2018) Rancang Bangun Aplikasi Pelacak Produk Pasar Online Untuk Meningkatkan Kesadaran Penjual Terhadap Tren Pasar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
5214100183-Undrgraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini menjual di situs e-commerce merupakan hal yang wajar, semakin mudah para penjual di dunia untuk memulai bisnisnya. Namun dengan fleksibilitas yang tinggi tersebut tidak jarang para pembeli menemukan barang yang mirip dengan harga yang beragam dari berbagai toko. Tentunya pembeli ingin produk yang murah dengan kualitas yang tinggi terlepas dari merek, karena hal tersebut ketika pembeli dihadapkan dengan dua atau lebih barang yang kualitasnya sama namun beragam harganya, semestinya pembeli cenderung membeli harga yang lebih murah. Disinilah pentingnya para penjual untuk memerhatikan trend umum pasar dan memantau pergerakan pesaing lebih ketat seperti melihat penjualan rata - rata dalam satu bulan, keuntungan rata - rata dari satu produk. Dengan melihat pergerakan kompetitor, maka penjual yang menggunakan sistem ini dapat melakukan tindakan untuk mengatasi kompetitor. Dengan demikian diperlukan suatu sistem yang mampu memberikan informasi terhadap data histori seperti data penjualan dan data keuntungan yang diberikan kepada penjual untuk meningkatkan visibilitasnya terhadap tren pasar dan pergerakan pesaing. Luaran dari penelitian ini adalah perangkat lunak yang melakukan ekstraksi data profil dan histori dari suatu produk dan menampilkan informasi berupa grafik penjualan, persediaan, serta profil dari produk yang ingin dilihat. ============== Currently selling on e-commerce sites is a common thing, its easier for sellers in the world to start their business. But with such high flexibility is not uncommon buyers found items that are similar to the price of a diverse range of stores. Of course buyers wants cheap products with high quality regardless of brand, because it is when buyers are faced with two or more items of the same quality but vary in price, should buyers tend to buy the cheaper price. This is where the importance of the sellers to pay attention to the general market trends and monitor the movements of competitors more strict such as seeing average sales in a month, the average profit from one product. By looking at the movements of competitors, then sellers who use this system can take action to overcome the competitors. Thus it is required a system that capable of providing information on historical data such as sales data and profit data provided to the seller to increase its visibility to market trends and the movement of competitors. The output of this research is software that extracts profile data and history of a product and displays information in the form of sales chart, inventory, and profile of product to be seen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce; Product Tracker
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System
Depositing User: Amani Qaedi
Date Deposited: 09 Apr 2018 05:30
Last Modified: 09 Apr 2018 05:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50736

Actions (login required)

View Item View Item