Analisis Banner Location Dan Banner Blindness Pada Mahasiswa Menggunakan Metode Eye Tracking

Pradana, Moh. Ginanjar (2015) Analisis Banner Location Dan Banner Blindness Pada Mahasiswa Menggunakan Metode Eye Tracking. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5211100057-Master_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5211100057-Presentation.pdf - Presentation

Download (3MB) | Preview

Abstract

Banner blindness merupakan suatu fenomena yang nyata terjadi. Banner blindness muncul ketika banyak pengguna internet mulai mengabaikan banner-banner iklan yang ada. Banyak studi yang telah dilakukan untuk menemukan faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi banner blindness ini. Namun banner blindness sendiri belum mendapat perhatian khusus di Indonesia. Hal ini, dapat dilihat dari sedikitnya studi yang membahas banner blindness tersebut. Portal Berita Online merupakan website yang berisi berbagai macam berita atau artikel menarik dan cukup diminati oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan berita-berita terbaru. Penelitian ini akan mengukur perbedaan banner location pada portal berita online Detik.com. Dengan itu, fenomena banner blindness dapat juga diketahui apakah ada atau tidak. Subyek dari penelitian tersebut adalah mahasiswa yang dibagi menjadi 2 segmentasi, mahasiswa yang sering membuka Detik.com dan mahasiswa yang jarang membuka Detik.com. vi Analisis terkait banner blindness pada Detik.com ini dilakukan menggunakan metode eye tracking, sebuah teknologi yang dapat membaca arah pandang mata terhadap sebuah objek. Analisis dampak dari peletakan iklan dan tugas pengguna internet ini diuji menggunakan berbagai macam skenario pengujian yang melibatkan responden dan hasilnya dicatat. Dari pengujian dan analisis terhadap banner blindness ini, maka hasil pertama yang didapatkan adalah banner yang paling diabaikan yaitu terletak di area yang paling atas, sedangkan banner yang paling diperhatikan yaitu terletak di area sisi kanan bawah. Hasil kedua yaitu mahasiswa yang sering membuka Detik.com lebih mengabaikan iklan. Hasil ketiga adalah responden yang diberi tugas pencarian lebih memperhatikan iklan dibandingkan responden yang tanpa diberi tugas pencarian. Hasil yang terakhir yaitu banner blindness terjadi pada dua segmentasi mahasiswa, baik mahasiswa yang sering membuka atau jarang membuka portal berita online Detik.com. ========== Banner blindness is a frequently occurring phenomenon. Banner blindness occurs when most of internet users began to ignore banner ads. Many studies have been conducted to identify the factors that influence this banner blindness. However, banner blindness has not received particular attention in Indonesia. It can be seen from the lack of discussion about banner blindness. Online News Portal is a website that contains a wide variety of news or interesting article. Online News Portal also quite enthused by the people of Indonesia to get the latest news. This study will measure the difference in the banner location on an online news portal, Detik.com. So, the phenomenon of banner blindness may also be known whether there is or not. The subjects of the study were students who divided into two segments, which are students who frequently open Detik.com and students who rarely open Detik.com. Analysis of banner blindness on Detik.com conducted using eye tracking, a technology that can read eye viewing direction towards an object. Impact analysis of ad placement towards assignment of Internet users is tested using a wide variety of test scenarios involving a representative sample of users and the result is recorded. The first results is the most ignored banner is located at the top area, while the most noticed banner is located at the lower right side of the area. The second results is students who frequently open Detik.com tends to ignore ads. The third result is respondents who were given goal-directed task tend to notice ads than respondents who were given free viewing task. The fourth result is banner blindness occurs in two segments of students, aside that they are frequent user or occasional user.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: banner location; banner blindness; mahasiswa; detik.com; eye tracking; banner location; banner blindness; students
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 03 Jul 2018 03:14
Last Modified: 03 Jul 2018 03:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52058

Actions (login required)

View Item View Item