Afifah, Irma Nur (2018) Analisis Korelasi Seller Reputation terhadap Sales Performance pada Tokopedia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
05211440000128-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
SellerReputation adalah salah satu mekanisme/sistem yang disediakan oleh e-commerce untuk mengurangi ketidakpastian antara penjual dan pembeli saat bertransaksi online. Pemahaman terkait hubungan seller reputasi dan sales performance saat ini menjadi topik penting dalam pasar e-commerce. Beberapa penelitian yang berfokus pada hubungan kedua faktor tersebut telah dilakukan pada e-commerce yang berada pada negara US dan Cina. Namun hasil penelitian tersebut tidak dapat langsung dikonfirmasi dengan e-commerceIndonesia karena memiliki perbedaan budaya. Dengan meningkatnya konsumsi /transaksi jual beli melalui pasar online Indonesia, maka studi terkait penjualan online e-commerce menjadi semakin penting.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara seller reputation terhadap sales performance pada Tokopedia. Variabel sales performance direpresentasikan dalam bentuk sales volume yang menjadi variabel dependen. Sedangkan variabel yang merepresentasikan seller reputation diantaranya adalah Reputation score, positive Feedback ratio, negative Feedback ratio, delivery speed , quality product rating dan chat response time. Ketujuh variabel tersebut adalah variabel independen dalam penelitian ini. Penelitian ini mengumpulan 2040 informasi seller reputation dari 3 tipe produk (Experience, Search dan Trust). Selanjutnya penelitian ini menggunakan metode web scraping untuk mengumpulkan data dan model regresi linear berganda untuk mengetahui hasil korelasi. Alasan menggunakan metode regresi linear berganda adalah variabel independen dari penelitian tugas akhir ini lebih dari satu. Selain itu regresi linear berganda berfungsi untuk mengetahui korelasi/pengaruh variabel independen (lebih dari satu) secara parsial terhadap satu variabel dependen.
Hasil regresi menunjukkan apabila quality product rating, dan reputation score memiliki pengaruh signifikan positif terhadap sales volume. Sedangkan variabel price, chat response time memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap sales volume. Selain itu variabel positive Feedback ratio, speed delivery negative Feedback ratio tidak berpengaruh signifikan. Selain itu, pada penelitian ini juga mengonfirmasi apabila variabelquality product rating adalah variabel yang paling dominan berpengaruh dibandingkan faktor lain. Dan bahkan lebih dominan berpengaruh dibandingkan dengan variabel harga.================================================================== Seller reputation is one mechanism provided by many e-commerce platforms to build trust among sellers and buyers. Previous studies have shown that seller reputation have something to do with seller performance over e-commerce platform. Unfortunately, these studies do not include distinct cultural backgrounds beyond their authors' countries (China and the US). Here, this cultural background may affect how potential customers do their purchase.
This research aims to understand the relationships between seller reputation towards sales performance in Tokopedia. Tokopedia is the leading public e-marketplace platform in Indonesia. In this study, we breakdown sales reputation into several independent variables: reputation score, positive Feedback ratio, negative Feedback ratio, delivery speed , product quality rating, and chat response time. In the other side, we select sales volume as the sole variable for sales performance.
We collected as many as 2043 seller reputation variables during 30 days on March 2018 by internet web scrapping. This research extract all variables from three product types namely experience-product, search-product, and trust-product. Afterwards, we apply multiple linear regression to construct a multiple linear model. Here, the multiple linear model puts sales performance as dependent variable.
The result shows that the quality product rating, and reputation score have a significant positive effect on sales volume. Moreover, variable price and chat response time have a significant negative effect on sales volume. In the end, we have found that quality product rating is the most dominant variable among all other factors, more specifically towards price variable.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public E-marketplace; Seller Reputation; Sales Performance; Regresi Berganda; Web scrapping; Public E-marketplace; Seller Reputation; Sales Performance; Multiple Linear Regression; Web scrapping |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics > HA31.3 Regression. Correlation H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce. |
Divisions: | Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Nur Afifah Irma |
Date Deposited: | 23 Jul 2018 07:13 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 07:13 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/53037 |
Actions (login required)
View Item |