Syahadiyanti, Litafira (2018) Pengaruh Budaya Nasional Dalam Penggunaan Transaksi Finansial Secara Online Berdasarkan Kesesuaian Karakteristik Inovasi. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
05211650010003-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
Marketplace atau Onlineshop adalah konten yang banyak diakses oleh orang Indonesia sebanyak 69%. Meski pengguna transaksi online di Indonesia cukup banyak, hanya 29% orang (26.3 juta jiwa dari total yang koneksi internet) yang memanfaatkan internet untuk transaksi online. Dengan kata lain, dari seluruh populasi masyarakat Indonesia, hanya 39% masyarakat perkotaan dan 11.1% masyarakat pedesaan yang melakukan transaksi online. Hal ini menunjukkan bahwa dengan segala manfaat yang didapat dalam menggunakan transaksi finansial secara online tidak serta merta dapat mendorong masyarakat di Indonesia untuk menggunakannya.
Penggunaan transaksi finansial secara online dipengaruhi oleh Karakteristik Inovasi dalam Teori Difusi Inovasi, yaitu : Relative Advantage, Compatibility dan Trialability. Ketiga variabel tersebut memberikan dampak pengaruh positif bagi penggunaan transaksi finansial secara online. Dengan adanya transaksi finansial secara online, banyak keuntungan yang di dapat. Transaksi lebih akurat hingga digit terkecil dan waktu yang dibutuhkan lebih singkat. Keseusian gaya hidup masyarakat pada era modern yang menuntut mobilitas tinggi juga dapat mendorong penggunaan transaksi finansial secara online. Satu dari dua konsumen di Indonesia yang sudah terekspos dengan informasi melalui internet akan memiliki kecenderungan untuk mencoba berbelanja online. Faktor Budaya Nasional yang ada di Indonesia berpotensi menjadi pengaruh pada penggunaan transaksi finansial secara online.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis fenomenologi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi terhadap informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa niat menggunakan transaksi finansial secara online dipengaruhi oleh keuntungan relatif, kesesuaian dan trialability yang dirasakan. Niat (kontrol perilaku dan kepercayaan) mempengaruhi frekuensi serta jumlah transaksi penggunaan transaksi finansial secara online. Realisasi niat terhadap penggunaan transaksi finansial secara online dipengaruhi oleh budaya nasional yang ada di Indoensia. Budaya nasional yang ada dapat menjadi intervensi positif maupun intervensi negatif. Budaya nasional yang dapat menjadi pendorong penggunaan transaksi finansial secara online adalah kolektivisme, penghindaran ketidakpastian yang tinggi dan pola fikir maskulin (sesuai fakta). Sedangkan pemikiran jangka pendek yang ada di Indonesia dapat menjadi penghambat penggunaan transaksi finansial secara online. Untuk jarak kekuatan hanya memiliki pengaruh kecil pada penggunaan transaksi finansial secara online. ============================================================================================================
Marketplace or Onlineshop is content that is much accessed by Indonesian people as much as 69%. Although users of online transactions in Indonesia quite a lot, only 29% of people (26.3 million people of the total internet connection) who use the internet for online transactions. In other words, of the entire population of Indonesia, only 39% of urban communities and 11.1% of rural communities perform online transactions. This shows that with all the benefits gained by using online financial transactions does not necessarily encourage people in Indonesia to use them.
The use of online financial transactions is influenced by Innovation Characteristics in Innovation Diffusion Theory, namely: Relative Advantage, Compatibility, and Trialability. These three variables have a positive impact on the use of online financial transactions. With the existence of online financial transactions, many benefits are in the can. Transactions are more accurate to the smallest digits and the time required is shorter. The lifestyle of people in the modern era demands high mobility can also encourage the use of online financial transactions. One of two consumers in Indonesia who has been exposed to information over the internet will have a tendency to try to shop online. National Cultural Factors that exist in Indonesia have the potential to influence the use of online financial transactions.
This research uses a qualitative approach based on phenomenology. Methods of data collection are done by interview and observation by an informant. The results show that the intention of using online financial transactions is influenced by relative advantage, suitability and perceived trialability. Intent (behavior control and trust) affects the frequency and number of transactions using online financial transactions. The realization of intentions on the use of online financial transactions is influenced by the national culture that exists in Indonesia. The existing national culture can be a positive intervention or negative intervention. The national culture that can be the driving force for the use of online financial transactions is collectivism, high uncertainty avoidance and masculine thought patterns (as facts). While the short-term thinking that exists in Indonesia can be a barrier to the use of online financial transactions. For power distance only has a small effect on the use of online financial transactions.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTSI 006.76 Sya p-1 3100018078758 |
Uncontrolled Keywords: | Transaksi Finansial Secara Online, Karakteristik Inovasi, Budaya Nasional, Metode Kualitatif, Pendekatan Fenomenologis |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce. H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 59101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Litafira Syahadiyanti |
Date Deposited: | 05 Dec 2018 16:02 |
Last Modified: | 01 Oct 2020 06:26 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/53278 |
Actions (login required)
View Item |