Rencana Kesehatan dan Keselamatan Kerja Kontrak (RK3K) Pada Pembuatan Basement Dengan Menggunakan Metode Hazard Identification Risk Asessement And Risk Control (HIRARC) Yang Mengacu Pada Bangunan Green Building Pada Proyek Pembangunan The Samator Surabaya

Erba, Tifany (2018) Rencana Kesehatan dan Keselamatan Kerja Kontrak (RK3K) Pada Pembuatan Basement Dengan Menggunakan Metode Hazard Identification Risk Asessement And Risk Control (HIRARC) Yang Mengacu Pada Bangunan Green Building Pada Proyek Pembangunan The Samator Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111715000033-Undergraduated_Theses.pdf]
Preview
Text
10111715000033-Undergraduated_Theses.pdf - Accepted Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka menunjang kualitas bangunan dan juga kualitas pekerja maka dalam penerapan sistem Manajeman Kesehatan dan Keselamatan Kerja Konstruksi (SMK3) berbentuk Rencana Kesehatan dan Keselamatan Kerja Kontrak (RK3K) yang nantinya akan di gunakan sebagai acuan K3 dalam pelaksanaan proyek pekerjaan, selain itu pembangunan juga sudah seharusnya dilaksanakan dengan menerapkan perencanaan bangunan hijau (Green Building) yang merupakan salah satu upaya penghematan energi untuk meminimalkan dampak buruk pada lingkungan.
Dalam Tugas Akhir ini penulis merencanakan RK3K pada pekerjaan basement proyek Pembangunan The Samator Surabaya yang mengacu pada konsep perencanaan Green Building. Pada identifikasi bahaya, penilaian resiko dan pengendalian resiko yang merupakan penjabaran dari perencanaan K3 penulis menggunakan metode Hazard Identification Risk Asessment and Risk Control (HIRARC) yang mengacu pada Permen PU No. 05 Tahun 2014 dan untuk penjabaran mengenai konsep Green Building mengacu pada GBCI (Greenship Building Council Indonesia).
Berdasarkan hasil analisa yang diperoleh, untuk pembangunan basement pada proyek The Samator Surabaya terdapat 457 identifikasi bahaya dari 10 pekerjaan dan 102 sub pekerjaaan. Penyebab bahaya pada pembangunan basement dominan adalah manusia sebesar 71.99 % dan sumber bahaya pada pembangunan basement adalah bahaya fisik sebesar 73.30 %.
Diharapkan Tugas Akhir ini dapat membantu perusahaan jasa konstruksi di Indonesia untuk lebih meningkatkan kesadaran kesehatan dan keselamatan kerja pada pekerjaan basement dengan metode identifikasi bahaya dan penyebab bahaya yang lebih teliti yang mengacu pada perencanaan bangunan yang green building.
=======================================================================================================

In order to support the quality of the building and also the quality of the workers then in the implementation of the system of Management and Occupational Health Construction (SMK3) in the form of Health and Safety Plan Contract (RK3K) which will be used as a reference K3 in the implementation of project work, should be implemented by applying green building planning (Green Building) which is one of the energy saving efforts to minimize adverse impact on the environment.
In this Final Project the authors plan RK3K on the basement work of The Samator Surabaya Development Project which refers to the concept of Green Building planning. In the hazard identification, risk assessment and risk control which is the elaboration of K3 planning of author using HIRARC (Hazard Identification and Risk Assessment) method referring to PU Ministerial Regulation no. 05 Year 2014 and for the description of the concept of Green Building refers to the GBCI (Greenship Building Council Indonesia).
Based on the results of the analysis obtained, for the construction of the basement on the Samator Surabaya project there are 457 hazard identification from 10 jobs and 102 sub employment. The cause of the dangers in the dominant basement development is man of 71.99% and the source of the dangers in the construction of the basement is the physical danger of 73.30%.
It is expected that this Final Project can assist construction service companies in Indonesia to further raise the awareness of occupational health and safety in basement work with hazard identification methods and a more precise cause of hazards that refers to green building building planning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIS 620.86 Erb r-1 3100018077834
Uncontrolled Keywords: Perencanaan SMK3, Perencanaan RK3K, Basement, Greenship
Subjects: T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: tifany erba
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:31
Last Modified: 03 Dec 2020 05:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55234

Actions (login required)

View Item View Item