3D Magic Door : Simulasi Interaktif Kegiatan Manusia Purba menggunakan Kinect dan Penyaji Tiga-Dimensi

Nagi, Ahmad (2018) 3D Magic Door : Simulasi Interaktif Kegiatan Manusia Purba menggunakan Kinect dan Penyaji Tiga-Dimensi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07211440000045-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
07211440000045-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (36MB) | Preview

Abstract

Media Interaktif Virtual 3D Magic Door dirancang untuk menjadi sebuah media yang immersive, juga interaktif yang pada penilitian ini memiliki konten kegiatan pada masa purba yang saat ini sebagian besar terdapat di museum. Sebagian besar museum di Indonesia pada saat ini kurang mampu berinteraksi dengan pengunjung. Dengan simulasi virtual 3D pengguna dapat merasakan pengalaman yang terasa nyata, dan objek virtual dalam pintu itu pun dapat berinteraksi dengan menggunakan Kinect. Fungsi dan manfaat aplikasi ini adalah sebagai penunjang pengetahuan dan informasi kepada masyarakat untuk mengenal kehidupan manusia purba dengan media yang immersive dan interaktif. Interaksi simulasi virtual diterapkan pada server PC yang bertugas untuk mengolah data dari sensor pengindera tubuh dan kemudian ditampilkan pada Penyaji Tiga-Dimensi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh partisipan dapat menyelesaikan simulasi hingga adegan terakhir. Pada pengujian sensor tubuh, didapat bahwa rata-rata orang dapat melakukan hampir seluruh gestur dengan rata-rata keefektifan diatas 60%. Simulasi interaktif menggunakan penyaji tiga-dimensi diduga membutuhkan kemampuan pengolahan dari sistem komputer yang cukup besar terutama pada komponen GPU. Menurut hasil pengujian lebih dari 60% pengguna merasa bahwa lingkungan manusia purba pada simulasi sudah lebih dari cukup dekat dengan lingkungan pada diorama di museum. Lebih dari 70% pengguna merasa cukup lebih tahu tentang Homo Erectus daripada sebelum melakukan simulasi. Didapat tingkat presence yang dirasakan oleh pengguna saat menggunakan aplikasi ini sudah lebih dari cukup.
==========================================================================Virtual Interactive Media 3D Magic Door is designed to be an immersive, interactive medium that in this research has activity content in the quarter or ancient times. The simulation is visualized using the Polarization Stereoscopic technique with a three-dimensional renderer as its visual medium. With 3D virtual simulation the user can feel the experience that feels real, and the virtual object in that door can also interact with the user in performing various primitive human activities Kinect v1. The function and benefits of this application is to support knowledge and information to the community to know the life of early humans with an immersive and interactive media. The interactions are applied to PC servers that are tasked with processing data from the sensing sensors of the body and then displayed on the Three-Dimensional Presenter. The test results show that all participants can complete the simulation until the last scene and the user completion time when performing the simulation test has an average of three minutes. In body testing, it is found that the average person can do almost all gestures with an average effectiveness above 60%. An interactive simulation using a three-dimensional renderer allegedly requires the processing capabilities of a large computer system primarily in GPU components.The test results show that more than 60% of users felt that the ancient human environment in the simulation was more than close enough to the environment in the museum diorama. More than 70% of users feel adequately informed about Homo Erectus than before doing the simulation. The level of presence perceived by users when using this app is more than enough.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: 3D Magic Door, Simulasi Interaktif, Kinect, Stereoscopic 3D, Penyaji Tiga-Dimensi, Full Body Tracking.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Computer Engineering > 90243-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ahmad Nagi
Date Deposited: 18 Jun 2021 12:45
Last Modified: 18 Jun 2021 12:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58677

Actions (login required)

View Item View Item