Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik Di Institusi XYZ

NISAFANI, AMNA SHIFIA and Vinarti, Retno Aulia and Anggraeni, Wiwik (2016) Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik Di Institusi XYZ. Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer, Volume 5 No 18, Mei-Juni 2016.

[thumbnail of 1139] Text
1139 - Other

Download (20kB)

Abstract

Kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik menjadi salah satu hal yang dapat mempengaruhi prestasi mahasiswa utamanya di bidang akademik. Hal ini menjadi krusial untuk bisa mempertahankan kepuasan mahasiswa terhadap layanan tersebut. Layanan yang dimaksud diantaranya adalah layanan yang diberikan oleh Dosen Pengampu, Dosen Wali dan Staf Tata Usaha. Untuk itu, perlu dilakukan analisis kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik di Institusi Pendidikan XYZ. Dari hasil analisis tersebut, diharapkan dapat digunakan untuk menentukan strategi dalam menjaga kepuasan mahasiswa. Adapun metode yang digunakan dalam analisis tersebut adalah menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan empat dimensi pengukuran, yaitu punctuality, availability, appearance, dan hospitality. Hasil dari analisis ini menunjunjukkan bahwa appearance menjadi dimensi dengan nilai kepuasan tertinggi untuk semua objek layanan, dan availability menjadi dimensi dengan nilai kepuasan terendah untuk semua objek layanan. Lebih lanjut, nilai kepuasan terendah untuk objek layanan TU masih memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai kepuasan terendah objek layanan yang lain. Hal yang menarik adalah rendahnya nilai kepuasan tersebut disebabkaan karena banyaknya mahasiswa yang memberikan respon netral untuk instrumen penilaian tersebut. Secara keseluruhan, mahasiswa cukup puas dengan kinerja layanan akademik dengan rata-rata kepuasan di atas 60%.
=====================================================================================================
Students satisfaction of academic services is one aspect affecting student achievement especially in the academic field. It is crucial to be able to maintain student satisfaction towards the service. The services in question include services provided by the lecturers, academic advisors and administration staff. To that end, it is necessary to do an analysis of student satisfaction with the academic services of the Educational Institution XYZ. The analysis was expected to be used for determininf the strategy for maintaining student satisfaction. The method used in the analysis was descriptive analysis using four-dimensional measurements like punctuality, availability, appearance, and hospitality. The results of this analysis showed that appearance became a dimension with the highest satisfaction scores for all objects of service, and availability a dimension with the lowest satisfaction score for all service objects. Furthermore, the lowest satisfaction scores for the administration service still had a higher value than the lowest satisfaction score of other services. An interesting finding was that the satisfaction value was low because many students gave neutral responses to the assessment instruments. Overall, students were quite satisfied with the performance of the academic services with an average satisfaction above 60%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analisis kepuasan; analisis deskriptif; layanan akademik; kualitas layanan, dimensi kualitas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 28 Aug 2018 05:32
Last Modified: 08 Sep 2023 06:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59500

Actions (login required)

View Item View Item