Penerapan Generalized Method of Moments Pada Persamaan Simultan Panel Dinamis Untuk Pemodelan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Lubis, Khairul Andri (2016) Penerapan Generalized Method of Moments Pada Persamaan Simultan Panel Dinamis Untuk Pemodelan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
1312201718-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Pertumbuhan dan stabilitas ekonomi di Indonesia diharapkan mampu mengatasi kemiskinan, pengangguran dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang masih rendah. Keterkaitan hubungan antara indikator ekonomi dan indikator keberhasilan pembangunan saling mempengaruhi satu yang lainnya. Diperlukan persamaan simultan untuk melihat keterkaitan antar variabel yang saling mempengaruhi tidak cukup hanya dengan persamaan tunggal. Pada penelitian ini menggunakan model data panel dinamis untuk menggambarkan hubungan antara variabel-variabel ekonomi yang pada kenyataannya bersifat dinamis. Estimasi parameter pada model panel dinamis menggunakan Generalized Method of Moments (GMM) yang dikembangkan oleh Arellano dan Bond. Metode estimasi ini menghasilkan estimasi parameter yang memiliki sifat tak bias, konsisten dan efisien. Metode Arellano dan Bond kemudian dikembangkan oleh Blundell dan Bond yang disebut GMM-System Estimator dengan mengkombinasikan momen kondisi dan matriks instrumen antara model first difference dan model level untuk menghasilkan estimasi parameter yang lebih efisien. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia secara signifikan dipengaruhi oleh lima koefisien variabel bebas yaitu investasi luar negeri, investasi dalam negeri, keterbukaan perdagangan, dan Inflasi. Selain itu, Lag pertumbuhan ekonomi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTSt 515.39 Lub p
Uncontrolled Keywords: Data Panel Dinamis, Generalized Method of Moments (GMM), Persamaan Simultan.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA31.7 Estimation
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (S2) Master Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 18 Apr 2019 05:43
Last Modified: 18 Apr 2019 05:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62780

Actions (login required)

View Item View Item