Perencanaan peningkatan jalan RA Basuni STA 0+000 - STA 3+757 Kab. Mojokerto Provinsi Jawa Timur menggunakan perkerasan kaku (rigid pavement)

Murtiyaswita, Erien and Hawam, Mochamad Emil (2014) Perencanaan peningkatan jalan RA Basuni STA 0+000 - STA 3+757 Kab. Mojokerto Provinsi Jawa Timur menggunakan perkerasan kaku (rigid pavement). Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
311130048-3111030079-Non Degree.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Proyek peningkatan jalan Ra-Basuni ini merupakan proyek pembangunan yang bertujuan untuk memberikan tingkat pelayanan yang lebih baik pada STA 0+000 – STA 3+757. Perencanaan peningkatan jalan ini direncanakan dengan menggunakan struktur perkerasan kaku (Rigid Pavement). Metode yang digunakan pada perencanaan jalan ini diantaranya adalah analisa kapasitas jalan dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, perhitungan tebal perkerasan kaku dengan menggunakan Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-14-2003). Kontrol geometrik jalan dengan menggunakan Perencanaan Geometrik Jalan. Perencanaan Drainase dengan metode SNI 03-342-1994. Dari hasil perhitungan perencanaan peningkatan jalan Ra- Basuni pelebaran jalan dilakukan pada awal tahun rencana 2014 karena kondisi eksisting lebar jalannya adalah 7 m dengan perubahan tipe jalan dari 2/2 UD menjadi tipe jalan 4/2 UD dengan lebar jalan 12 m. Tebal perkerasan kaku diperoleh 22 cm dengan beton K-300 serta pondasi bawah dengan CTSB setebal 15 cm. Dari hasil analisa kontrol geometrik yang dilakukan ternyata tidak terdapat perubahan geometrik jalan pada ruas jalan ini Perencanaan saluran tepi drainase dengan menggunakan bentuk trapesium dengan dimensi b=0,37m, d=0,9m. ===================================================================================================== Road improvement project Ra-Basuni is a development project that aims to provide better service levels in STA 0+000 – STA 3+757. Planning of road improvement is planned by using a rigid pavement structure. The method used in the planning of this road include road capacity analysis using Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, the calculation of rigid pavement thickness by using the Planning Guidelines Cement Concrete Pavement Road (Pd-T 14-2003). Geometric control path by using Geometric Roads Planning. Drainage planning by SNI 03-342- 1994 method. From the calculated increase in road planning Ra-Basuni road widening carried out early in 2014 the plan in accordance with PP 34 year 2006 for the primary collector streets a minimum width of 9 m is required because the existing condition is a 7 m wide road by road type changes from 2/2 UD into type road 4/2 UD with 12 m road width. Rigid pavement thickness of 22 cm is obtained with K-300 and the concrete foundation or called CTSB as thick as 15 cm. Edge of the channel planning of drainage by using a trapezoidal shape with dimensions b = 0.54 m, d = 0.9 m.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 625.7 Mur p
Uncontrolled Keywords: Beton semen; Tebal perkerasan; Geometrik; Drainase
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (D3) Diploma
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 11 Jul 2019 08:09
Last Modified: 11 Jul 2019 08:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63907

Actions (login required)

View Item View Item