Murtiyaswita, Erien and Hawam, Mochamad Emil (2014) Perencanaan peningkatan jalan RA Basuni STA 0+000 - STA 3+757 Kab. Mojokerto Provinsi Jawa Timur menggunakan perkerasan kaku (rigid pavement). Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
311130048-3111030079-Non Degree.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Proyek peningkatan jalan Ra-Basuni ini merupakan
proyek pembangunan yang bertujuan untuk memberikan tingkat
pelayanan yang lebih baik pada STA 0+000 – STA 3+757.
Perencanaan peningkatan jalan ini direncanakan dengan
menggunakan struktur perkerasan kaku (Rigid Pavement).
Metode yang digunakan pada perencanaan jalan ini diantaranya
adalah analisa kapasitas jalan dengan menggunakan Manual
Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, perhitungan tebal
perkerasan kaku dengan menggunakan Pedoman Perencanaan
Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-14-2003). Kontrol
geometrik jalan dengan menggunakan Perencanaan Geometrik
Jalan. Perencanaan Drainase dengan metode SNI 03-342-1994.
Dari hasil perhitungan perencanaan peningkatan jalan Ra-
Basuni pelebaran jalan dilakukan pada awal tahun rencana 2014
karena kondisi eksisting lebar jalannya adalah 7 m dengan
perubahan tipe jalan dari 2/2 UD menjadi tipe jalan 4/2 UD
dengan lebar jalan 12 m. Tebal perkerasan kaku diperoleh 22 cm dengan beton K-300 serta pondasi bawah dengan CTSB setebal
15 cm. Dari hasil analisa kontrol geometrik yang dilakukan
ternyata tidak terdapat perubahan geometrik jalan pada ruas jalan
ini Perencanaan saluran tepi drainase dengan menggunakan
bentuk trapesium dengan dimensi b=0,37m, d=0,9m.
=====================================================================================================
Road improvement project Ra-Basuni is a development
project that aims to provide better service levels in STA 0+000 –
STA 3+757. Planning of road improvement is planned by using a
rigid pavement structure. The method used in the planning of this
road include road capacity analysis using Manual Kapasitas
Jalan Indonesia (MKJI) 1997, the calculation of rigid pavement
thickness by using the Planning Guidelines Cement Concrete
Pavement Road (Pd-T 14-2003). Geometric control path by using
Geometric Roads Planning. Drainage planning by SNI 03-342-
1994 method.
From the calculated increase in road planning Ra-Basuni
road widening carried out early in 2014 the plan in accordance
with PP 34 year 2006 for the primary collector streets a minimum
width of 9 m is required because the existing condition is a 7 m
wide road by road type changes from 2/2 UD into type road 4/2
UD with 12 m road width. Rigid pavement thickness of 22 cm is
obtained with K-300 and the concrete foundation or called CTSB as thick as 15 cm. Edge of the channel planning of drainage by
using a trapezoidal shape with dimensions b = 0.54 m, d = 0.9 m.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | RSS 625.7 Mur p |
Uncontrolled Keywords: | Beton semen; Tebal perkerasan; Geometrik; Drainase |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3 |
Depositing User: | - Taufiq Rahmanu |
Date Deposited: | 11 Jul 2019 08:09 |
Last Modified: | 11 Jul 2019 08:09 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/63907 |
Actions (login required)
View Item |