Penyusunan Paket Wisata Berdasarkan Konsep Segmentasi Pelanggan (Studi Kasus Di Hotel The Grand Bali Beach)

Sumantra, Ayu S. (1996) Penyusunan Paket Wisata Berdasarkan Konsep Segmentasi Pelanggan (Studi Kasus Di Hotel The Grand Bali Beach). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2592100036-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2592100036-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Paket dalam industri jasa perhotelan sering disebut paket wisata merupakan gabungan berbagai atribut yang berkaitan denganjasa yang dijual, menyangkut kamar hotel, fasilitas rekreasi, pelayanan, dan berbagai jasa tambahan lainnya sebagai pendukung jasa utama yang diberikan. Paket wisata merupakan salah satu bentuk program rutin yang dilaksanakan oleh suatu hotel, tetapi paket yang ditawarkan seringkali hanya memberikan penghematan harga dan disusun berdasarkan
pengalaman pihak hotel tanpa memperhatikan keinginan dan kebutuhan pelanggan.
Untuk dapat memberikan paket wisata yang tepat serta sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan tamu hotel maka penyusunan paket wisata dapat dilakukan melalui konsep segmentasi pelanggan. Metode pemecahan masalah dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu : segmentasi pelanggan (Cluster Analysis) yang ada di Hotel The Grand Bali Beach, kemudian menyusun struktur segmentasi pelanggan
(Thurstone's Case V), dan identifikasi karakteristik segmen serta keinginan dan kebutuhan pelanggan!tamu hotel (Crosstab Analysis).
Hasil dari analisis tersebut akan menghasilkan informasi berupa segmen-segmen pelanggan, karakteristik masing-masing segmen, serta keinginan dan kebutuhan dari masing-masing segmen. Segmen 1 diwakili oleh pelanggan tamu hotel dengan tujuan bisnis, segmen 2 diwakili oleh pelanggan tamu hotel dengan tujuan rapat, dan segmen 3 diwakili oleh pelanggan!tamu hotel dengan tujuan berlibur. Masing-masing
segmen memiliki struktur manfaat, karakteristik serta keinginan dan kebutuhan yang berbeda. lnformasi tersebut dapat dijadikan dasar bagi pihak perusahaan dalam
menetapkan program pemasaran khususnya penyusunan paket wisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.8 Sum p 8375/H.97
Uncontrolled Keywords: Cluster analysis, kamar hotel, segmen pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services. Customer relations
Q Science > QA Mathematics > QA278.55 Cluster analysis
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 05 Sep 2019 04:44
Last Modified: 05 Sep 2019 04:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70633

Actions (login required)

View Item View Item