Segmentasi Pelanggan Menggunakan SOM, Algoritma K-Means Dan Analisis LRFM Untuk Penyusunan Rekomendasi Strategi Pemasaran Pada Klinik Kecantikan Nanisa, Sidoarjo.

Rafika, Ariesty (2015) Segmentasi Pelanggan Menggunakan SOM, Algoritma K-Means Dan Analisis LRFM Untuk Penyusunan Rekomendasi Strategi Pemasaran Pada Klinik Kecantikan Nanisa, Sidoarjo. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5211100106-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
5211100106-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Analisis perilaku pelanggan merupakan salah satu cara bagi
perusahaan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik
mengenai selera pasar dan menciptakan kesempatan bisnis
baru. Penggunaan metode analisis data yang sistematik untuk
memahami karakteristik pelanggan menjadi sangat penting
untuk dilakukan guna mendapatkan sistem pengelolaan
hubungan pelanggan yang baik dan terukur. Sebagian besar
perusahaan telah menyadari bahwa basis data pelanggan
merupakan aset penting yang dapat dimanfaatkan untuk
analisis karakteristik pelanggan dalam penyusunan strategi
pemasaran perusahaan.
Dalam Tugas Akhir ini, analisis karateristik pelanggan
dilakukan untuk mendukung penyusunan strategi pemasaran
yang sesuai dengan potensi setiap segmen pelanggan di klinik
kecantikan NANISA, Sidoarjo. Untuk ini, metode analisis yang
mengombinasikan metode analisis Length-Recency-Frequencyand-
Monetary (LRFM), Self Organizing Map (SOM) dan
algorima klasterisasi K-Means digunakan untuk melakukan
segmentasi pelanggan dan menghitung nilai hidup pelanggan
vi
(NHP). Bersama-sama dengan pihak manajemen Klinik
Nanisa, hasil analisis karakteristik pelanggan tersebut
kemudian digunakan untuk menyusun strategi pemasaran klinik
sebagai upaya untuk bersaing dengan klinik kecantikan lainnya
pada skala nasional.
Analisis karakeristik pelanggan yang telah dilakukan dalam
Tugas Akhir ini menghasilkan enam segmen pelanggan.
Berdasarkan hasil perhitungan NHP, keenam segmen
pelanggan tersebut dapat dikelompokkan menjadi empat
karakteristik pelanggan, yaitu pelanggan setia, pelanggan baru
potensial, pelanggan tidak meyakinkan, dan pelanggan
penghabis sumber daya. Hasil penyusunan strategi
rekomendasi untuk masing-masing kelompok karateristik
pelanggan tersebut dicirikan oleh perlunya peningkatan
layanan umum, pemberian hadiah (reward) dan pemberian
promosi khusus.
=========================================================================================================
Customers behavior analysis is one of many methods for a company
to understand market trends and to create new business
opportunity. The use of systematic data analysis method to understand
customers characteristics becomes very important in
order to gain an appropriate and measurable customers relationship
management. Most of the companies have realized that
customers database is an important asset to be employed in customers
characteristics analysis for determining company’s
marketing strategy.
In this final project, customers characteristics analysis was performed
to support the determination of appropriate marketing
strategy for each customer’s segment in Nanisa skin care clinic,
Sidoarjo. In this regard, the analysis method that combines the
Length-Recency-Frequency-and-Monetary (LRFM) analysis,
Self Organizing Map (SOM), and K-Means clustering algorithm
were employed to do the customer segmentation and to
estimate the customer lifetime value (CLV). Together with the
Nanisa clinic’s management team, the customer characteristics
viii
analysis results were used to determine marketing strategy as
an effort to compete with other skin care clinics in a nationalwide
arena.
The customers characteristics analysis performed in this final
project produces six customers’ groups. Based on their CLV estimation,
those groups could be divided into four customer
characteristics; i.e., loyal customers, high value new customers,
uncertain customers, and consuming resource customers. Results
of recommendation strategy for each group can be characterized
by three important follow-ups: general services improvement,
reward-giving, and provision of special promotions.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 658.812 Raf s
Uncontrolled Keywords: NHP, Pengelolaan Hubungan Pelanggan, Pengelompokan K-Means, Segmentasi Pelanggan, SOM, LRFM, Strategi Pemasaran.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services. Customer relations
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:52
Last Modified: 19 Sep 2019 02:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70832

Actions (login required)

View Item View Item