Pendekatan Sistem Dinamik Untuk Analisa Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Penyelarasan Tujuan Ti Dan Tujuan Bisnis

Suhartono, Aan Anto and Suryani, Erma (2011) Pendekatan Sistem Dinamik Untuk Analisa Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Penyelarasan Tujuan Ti Dan Tujuan Bisnis. SISFO, 4 (2).

[img]
Preview
Text
ITS-Master-18309-5109202010-Paper.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview

Abstract

Salah satu tolak ukur keberhasilan organisasi yang bergerak dalam bidang jasa adalah tingkat kepuasan pelanggan. Untuk mewujudkan tingkat kepuasan pelanggan yang memadai, secara umum organisasi memiliki suatu pelayanan prima. Pelayanan prima suatu organisasi dapat diukur dengan penyelarasan antara Tujuan Bisnis dengan Tujuan Teknologi Informasi (TI). Tujuan Bisnis adalah peningkatan layanan dan layanan yang berorientasi terhadap pelanggan. Sedangkan, Tujuan TI adalah jaminan agar layanan yang tersedia sesuai dengan TI yang dibutuhkan. Pengukuran keselarasan antara Tujuan Bisnis dengan Tujuan TI tidaklah mudah untuk dilakukan, karena melibatkan banyak aspek yang intangible. Salah satu kerangka kerja yang dapat digunakan adalah COBIT. COBIT digunakan untuk mengukur maturity level proses TI, yang nantinya akan digunakan untuk mengetahui seberapa selaraskah antara Tujuan Bisnis dengan Tujuan TI dari suatu organisasi. Keselarasan ini ditunjukkan dengan skala 0-5, dimana 0 memiliki nilai yang paling rendah dan 5 menunjukkan bahwa Tujuan Bisnis sudah selaras dengan Tujuan TI. Kondisi organisasi saat ini menunjukkan skala 1.6. Untuk menganalisa bagaimana dampak dari kenaikan maturity level proses TI terhadap tingkat kepuasan pelanggan, digunakan sistem dinamik. Tingkat kepuasan pelanggan kondisi eksisting 6.9 dari skala 1-10 pada maturity level sebesar 1.6. Dengan sistem dinamik, juga dapat dibuat dengan beberapa skenario yang dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana perubahan tingkat kepuasan pelanggan, dan mengambil kesimpulan dari uji coba tersebut.

Item Type: Article
Additional Information: Identifier : ITS-Article-91005120000061 Collection ID : 91005120000061
Uncontrolled Keywords: Pelayanan prima, Kepuasan pelanggan, Maturity level, COBIT 4.1, Sistem Dinamik
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
T Technology > T Technology (General) > T57.83 Dynamic programming
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 10 Oct 2019 03:42
Last Modified: 10 Oct 2019 03:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71085

Actions (login required)

View Item View Item