Paradoks Produktivitas Teknologi Informasi : Analisis Investasi Sistem Aplikasi Crm (Studi Kasus : PT.XYZ)

Putra, Rifqi Gilang Jodi (2015) Paradoks Produktivitas Teknologi Informasi : Analisis Investasi Sistem Aplikasi Crm (Studi Kasus : PT.XYZ). Undergraduate thesis, Institut Teknology Sepuluh Nopember.

[img] Text
5211100187-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Investasi Sistem Informasi (SI) / Teknologi Informasi (TI) seringkali tidak diikuti dengan hasil yang maksimal bagi perusahaan. Hal tersebut berdasarkan pada besarnya biaya investasi SI/TI yang dikeluarkan tidak sebanding dengan manfaat yang didapat, hasilnya investasi yang besar tidak menghasilkan manfaat yang besar. Sehingga muncul fenomena baru yang disebut IT productivity paradox. Dengan mengacu pada fenomena tersebut, perlu dilakukan analisis terhadap investasi SI/TI yang dilakukan oleh perusahaan. Dalam studi kasus ini yaitu PT XYZ. PT XYZ merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International, Tbk (AI) yang berfokus pada bidang distributor alat berat di Indonesia. PT XYZ melakukan investasi sistem aplikasi CRM dalam upaya untuk mengelola hubungan dengan pelanggan. Sistem aplikasi CRM membantu perusahaan dalam menghimpun dana dengan memberikan gambaran prospek pelanggan yang memiliki potensi kedepannya untuk membeli alat berat yang dijual oleh PT XYZ. Pada tugas akhir ini, akan dilakukan analisis untuk mengetahui kelayakan dari penggunaan sistem aplikasi CRM tersebut. Analisis akan dilakukan menggunakan metode vi Information Economics (IE). Metode IE akan melakukan perhitungan berdasarkan aspek finansial dan non-finansial dari pengimplementasian sistem aplikasi CRM yang akan memunculkan skor akhir dari investasi yang dilakukan. Setelah itu dilakukan penelitian kembali menggunakan metode Cobb Douglas. Metode ini digunakan untuk mengetahui nilai terhadap setiap kontribusi modal yang dikeluarkan untuk sistem aplikasi CRM. Kontribusi modal yang diikutsertakan dalam penelitian ini adalah labor/tenaga kerja, kontribusi capital/modal bangunan dan kontribusi TI. Dengan analisis yang dilakukan pada kedua metode tersebut selama 2 tahun. Hasil perhitungan melalui IE didapatkan skor sebesar 62,63 yaitu investasi memiliki predikat “menguntungkan”. Sedangkan hasil nilai yang didapatkan melalui Cobb Douglas yaitu memiliki total factor productivity sebesar 0,00000526204, dengan masing – masing nilai kontribusi modal yaitu sebesar 3,512 untuk labor, -1,739 untuk capital dan 0,027 untuk TI. Dari hasil Cobb Douglas diperlihatkan bahwa investasi sistem memiliki produktivitas yang rendah dibuktikan dengan nilai total factor proctivity yang kurang dari 1 (satu) walaupun memiliki nilai perhitungan IE yang tinggi. Sehingga hal tersebut memunculkan fenomena IT productivity paradox. ======================================================================================================= Investment of Information Systems (IS) / Information Technology (IT) are often not followed by the maximum results for the company. It is based on the cost of investment IS / IT incurred is not outweighed by the benefits obtained, the result of a huge investment does not yield great benefits. So it led to the new phenomenon called IT productivity paradox. With reference to the phenomenon, it is necessary to do an analysis of investment IS / IT conducted by the company. In this case study, namely PT XYZ. PT XYZ is a subsidiary of PT Astra International, Tbk (AI) which focuses on the field of heavy equipment distributor in Indonesia. PT XYZ invested CRM application systems in an effort to manage the relationship with the customer. CRM application systems help the company raise funds to provide an overview prospect that has the potential future customers to purchase heavy equipment sold by PT XYZ. In this thesis, the analysis will be conducted to determine the feasibility of using the CRM application systems. The analysis viii will be performed using the method of Information Economics (IE). IE method will perform calculations based and non-financial aspects of the financial implementation of CRM application system that will bring the final score of the investment made. After that the research was conducted using the method of Cobb Douglas. This method is used to determine the value of any contribution to the capital cost of CRM application system. Capital contributions were included in this study were labor / employment, capital / building and the contribution of IT. With analysis performed on these two methods for 2 years. Calculation results through the IE obtained a score of 62,63 ie investment has the title of " profitable". While the results of the value obtained by Cobb Douglas which has a total factor productivity of 0.00000526204, with each value of the contribution in the amount of 3.512 for labor, -1.739 for capital and 0.027 for IT. From the results shown that the Cobb Douglas investment system has low productivity evidenced by total factor proctivity value less than 1 (one) even though it has a high value calculation from IE. So that it led to the phenomenon of IT productivity paradox.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 005.1 Put p
Uncontrolled Keywords: investasi SI/TI, IT productivity paradox, sistem aplikasi CRM, hubungan pelanggan, Information Economics, Cobb Douglas.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services. Customer relations
Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:59
Last Modified: 14 Oct 2019 02:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71148

Actions (login required)

View Item View Item