Kajian Terhadap Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Berdasarkan Analisis Perilaku Konsumen

Yuliana, Suroyya (2016) Kajian Terhadap Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Berdasarkan Analisis Perilaku Konsumen. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
2514205008-master-theses.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Kantong plastik adalah sarana populer membawa barang saat melakukan pembelian di supermarket. Tetapi pembuangan kantong plastik dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang untuk ekosistem dan lingkungan alam. Sehingga Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar di supermarket dengan tidak memberikan kantong plastik secara gratis. Konsumen merupakan pihak yang memiliki andil besar dalam mengurangi kantong plastik dan menyelamatkan lingkungan maka penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik perilaku konsumen dalam membawa tas sendiri atau tidak serta harga yang sesuai, mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap konsumen dalam membawa tas atau membeli kantong plastik dan mengetahui implikasi manajerial yang harus dilakukan oleh Pemerintah terhadap kantong plastik. Proses penelitian ini dilakukan penyebaran kuisioner dan teknik wawancara langsung kepada konsumen. Metode yang digunakan Descriptive Statistic, cross tab analysis, correlation test, logistic regression. Penelitian ini mengambil obyek beberapa supermarket yang ada di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan jumlah konsumen yang tidak membawa tas lebih banyak yaitu sebesar 79 persen dari pada yang membawa tas saat berbelanja yaitu sebanyak 21 persen, jika dilihat dari kesesuaian harga kantong plastik, konsumen yang tidak membawa tas lebih banyak memilih harga 1 kantong plastik > Rp 2000 sebesar 34,2 persen. Berdasarkan model perilaku konsumen, niat perilaku konsumen lebih berpengaruh dibandingkan ketersediaan konsumen dalam membawa tas. Variabel yang berpengaruh signifikan terhadap niat perilaku konsumen dalam membawa tas atau tidak adalah variabel sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, kepedulian lingkungan, norma pribadi dan efikasi diri. Berdasarkan aspek demografi dan perilaku berbelanja konsumen dengan uji Chi Square dan uji wald dalam regresi logistik biner, yaitu variabel jenis kelamin (X1),Usia (X2), Pendidikan Terakhir (X5), Pengeluaran belanja di Supermarket perbulan (X8), Kepantasan harga untuk 1 kantong plastik (X11), Kesesuaian harga 1 kantong plastik (X12) dan Perilaku konsumen ketika membayar untuk kantong plastik (X14). Beberapa responden menunjukkan respon positif terhadap kebijakan kantong plastik tapi masih kurang tingkat kesadaran konsumen pada lingkungan sehingga Perlu adanya peningkatan harga untuk kantong plastik dan memberikan panduan yang jelas mengenai mekanisme pengurangan penggunaan kantong plastik bagi konsumen, pengecer, supermarket atau bahkan industri pembuat kantong plastik. ============================================================ Plastic bags are a popular ways of carrying goods while making a purchase at the supermarket. But the disposal of plastic bags can cause long term damage to ecosystems and the natural environment. So the Indonesian government implemented a policy of plastic bags levy in supermarkets by not giving free plastic bags. Consumer is the part that large share in reducing plastic bag and save the environment, this research aims to examine the characteristics of consumer behavior in carrying their own bags or not and the appropriate price, determine the factors that influence consumers in a carry bag or buy a plastic bag and knowing managerial implications that must be taken by the Government to plastic bags. The research process was conducted questionnaire and interview techniques directly to consumers. The method used is Descriptive Statistic, cross tab analysis, correlation test, logistic regression. This study takes the object of some supermarket in Surabaya. The results showed the number of consumers who do not carry more bags are 79 percent and consumers who carry a bag while shopping is as much as 21 percent, if viewed from the suitability of the price of plastic bags, consumers who do not carry more bags choose the price 1 plastic bag > Rp 2000 amounted to 34.2 percent. Based on the model of consumer behavior, behavior intention consumer more influential than the availability consumer in carry bag. The variables that influence behavior intention consumer in carrying a bag or not is variable attitude, subjective norm, perceived behavioral control, environmental concern, personal norms and self-efficacy. Based on the demographics and shopping behavior of consumers using Chi Square test and wald in binary logistic regression is variable gender (X1), age (X2), Occupation (X5), Expenditure shopping at Supermarket per month (X8), Appropriate price for 1 plastic bag (X11), the suitability price for 1 plastic bag (X12) and consumer behavior when paying for plastic bags (X14). Some of respondents showed a positive reaction to plastic bags policy but still lack the level of awareness consumer on the environment. so this study recommends that the policy makers to increase the price of each plastic bag, make rules as the mechanism in reduction use of plastic bags for consumers, retailers, supermarket or industry that makes plastic bags.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTI 658.843 2 Yul k
Uncontrolled Keywords: Kantong plastik, Descriptive Statistic, Cross Tab Analysis, Correlation Test, Logistic Regression
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services. Customer relations
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 25 Nov 2019 02:01
Last Modified: 25 Nov 2019 02:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71996

Actions (login required)

View Item View Item