Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Terhadap Kepercayaan Dan Minat Pembelian Pada Online Marketplace Di Indonesia

Farki, Ahmad (2016) Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Terhadap Kepercayaan Dan Minat Pembelian Pada Online Marketplace Di Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2512101001-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi telah membuat pergeseran perilaku pelanggan di seluruh dunia termasuk Indonesia, salah satunya ditandai dengan pertumbuhan ecommerce di seluruh dunia yang sedang mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut mengindikasikan bahwa masyarakat di seluruh dunia mulai berpindah dari berbelanja secara offline menjadi berbelanja secara online. Tidak hanya online shop tradisional, saat ini mulai banyak konsep online shop yang bermunculan salah satunya adalah online marketplace. Salah satu fitur yang terdapat pada online shop, Online Customer Review (OCR) baru-baru ini mendapat perhatian yang cukup besar, baik dalam komunitas akademis maupun bisnis pada hubungannya dengan minat pembelian pelanggan. OCR dianggap merupakan salah satu faktor yang cukup penting dalam memengaruhi kepercayaan maupun keputusan pembelian pelanggan. Penelitian sebelumnya membuktikan bahwa OCR memiliki pengaruh terhadap minat pembelian pelanggan di online shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak OCR pada online marketplace di Indonesia dengan menambahkan satu variabel baru yaitu rating. Model pada penelitian ini dibuat berdasarkan Theory of Planned Behaviour (TPB) dan Technology Acceptance Model (TAM) yang berguna untuk menguji penerimaan maupun perilaku orang akibat dari adanya teknologi baru. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan 313 responden dikumpulkan dari pengguna internet yang pernah berbelanja di online marketplace. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah OCR baik review maupun rating terbukti memiliki hubungan terhadap minat pembelian pelanggan dan menjadi salah satu fitur yang penting, namun bukan faktor yang menyebabkan meningkatnya kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu perusahaan online marketplace harus menjadikan review dan rating sebagai salah satu tools marketing utama yang dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. ============================================================================================================ Technological developments have made changes in the behavior of customers around the world, including Indonesia, one of which is characterized by the growth of e-commerce throughout the world that is experiencing a significant increase. This changed is indicates that people around the world begin to change over that behavioral of shopping from offline to online. Because of that, many concept of online shop like online marketplace sprung up. One of the features of online shop, online customer reviews (OCRs) has recently gained considerable attention, in both academic and business communities about their influences on customers' purchase intention. Moreover OCR was considered to be one of the factors that quite important to affecting trust and purchase intention in online shop. Previous studies, however, have proven that OCR significantly affects customer purchase intention. This study, thus, aims to understand the impact of the OCR on customer trust and intention at online marketplace in Indonesia. This model is based on Theory of Planned Behaviour (TPB) and Technology Acceptance Model (TAM) in order to investigate the effects on people about facing the new technologies. Structural Equation Modelling (SEM) is the method used in this research. A number of 313 samples used in this research are internet online marketplace buyers in Indonesia. The results obtained from this study is OCR, either review and rating has a positive influence on customers' purchasing intention at the online marketplace in Indonesia, but has no significant effect on customer trust. Because of that, online marketplace must develop review and rating as the main tools of marketing strategies in order to increases the profit of the company.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.872 Far p
Uncontrolled Keywords: Review, Rating, Online marketplace, E-Commerce, TPB, TAM, Kepercayaan, Minat Pembelian, SEM.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 13 Jan 2020 06:17
Last Modified: 13 Jan 2020 06:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72646

Actions (login required)

View Item View Item