Analisis Faktor Yang Memengaruhi Behavioral Intention Dan Adoption Pada Layanan Internet Banking Menggunakan Structural Equation Modeling Dengan Variabel Mediasi (Studi Kasus: KlikBCA)

Fitriani, Afinda (2020) Analisis Faktor Yang Memengaruhi Behavioral Intention Dan Adoption Pada Layanan Internet Banking Menggunakan Structural Equation Modeling Dengan Variabel Mediasi (Studi Kasus: KlikBCA). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[thumbnail of 05211640000127-Undregraduate _Theses.pdf]
Preview
Text
05211640000127-Undregraduate _Theses.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Konteks: Dewasa ini perkembangan teknologi informasi dan teknologi komunikasi yang semakin maju telah membawa perubahan yang besar terhadap sektor perbankan. Pada sektor perbankan perkembangan teknologi memberikan kemudahan yang dibutuhkan oleh nasabah. Salah satunya adalah perkembangan internet. Layanan internet yang dapat dilakukan oleh perbankan kini populer dengan nama Internet Banking. Internet Banking merupakan salah satu teknologi yang menjanjikan dimana layanan ini memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan. Permasalahan: Masalah yang dihadapi oleh perbankan adalah tingkat adopsi layanan Internet Banking di Indonesia yang masih tergolong rendah. Oleh karena itu BCA perlu mengetahui apa saja yang diinginkan oleh nasabah terkait layanan Internet Banking BCA. Tujuan: Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk analisis faktor-faktor untuk mengetahui risiko apa saja yang memengaruhi intensi dan adopsi layanan Internet Banking di BCA sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan layanan yang berkualitas tinggi kepada nasabah agar BCA bisa mempertahankan eksistensi dan performanya. nasabahan mobile banking pada penelitian selanjutnya. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan vi menggunakan model UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2) serta risiko yang berpengaruh sebagai landasan pembuatan hipotesis dan metode penelitian kualitatif berupa penyebaran kuesioner kepada 200 responden nasabah layanan Internet Banking BCA di Indonesia. Hasil: Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah Behavioral Intention secara signifikan dipengaruhi oleh Effort Expectancy, Hedonic Motivation, dan Price Value. Variabel Hedonic Motivation berpengaruh secara langsung terhadap Behavioral Intention sebesar β = 1,75 dengan total effect sebesar -0,19. Variabel Effort Expectancy Motivation berpengaruh secara langsung terhadap Behavioral Intention sebesar β = -0,74 dengan total effect sebesar 0,19. Pengaruh tidak langsung (indirect effect) variabel laten Performance Expectancy terhadap variabel laten Behavioral Intention adalah sebesar 0,07. Pengaruh tidak langsung (indirect effect) variabel laten Price Value terhadap variabel laten Behavioral Intention adalah sebesar 0,03. Nilai Tambah: Manfaat dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi terkait studi penelitian selanjutnya dan memberikan saran strategis yang sangat berguna untuk pengembangan layanan Internet Banking di BCA.
=================================================================================================================================
Context: Today the development of information technology and increasingly advanced communication technology has brought great changes to the banking sector. In the banking sector, technological developments provide conveniences needed by customers. One of them is the development of the internet. Internet services that can be carried out by banks are now popularly known as Internet Banking. Internet Banking is one of the promising technologies where this service makes it easy to conduct banking transactions. Problem: The problem faced by banks is the level of adoption of Internet Banking services in Indonesia which is still relatively low. Therefore, BCA needs to know what customers want related to the BCA Internet Banking service. Objective: The main objective of this study is to analyze factors to determine what risks affect the intentions and adoption of Internet Banking services at BCA so that they can be used to improve high quality services to customers so that BCA can maintain its existence and performance. Method: The research method used is using Structural Equation Modeling (SEM) using the UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2) model and influential risks as a basis for making hypotheses and qualitative research methods in the form of distributing questionnaires to 200 respondents using BCA Internet Banking services in Indonesia. Results: The results of the study are expected to provide information and analysis on what factors and risks affect the intentions of Internet Banking users. Thus, recommendations can be proposed in developing Internet Banking services at BCA so that it can be better in the future and be able to maintain its existence and performance. Value Added: The benefits of this research are expected to be used as a reference related to further research studies and provide strategic advice that is very useful for the development of Internet Banking services at BCA.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSI 003.85 Fit a-1 2020
Uncontrolled Keywords: Internet Banking, Structural Equation Modeling, Structural Equation Modelling (SEM), UTAUT2
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Afinda Fitriani
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:04
Last Modified: 12 Dec 2023 03:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72946

Actions (login required)

View Item View Item