Iskandar, Muhammad Al Farisi (2020) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Mobile Ticketing Dengan Structural Equation Modelling Yang Memiliki Variabel Mediasi Use Context (Studi Kasus: Agen Travel Online). Other thesis, Institut teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
05211640000046-Undergraduate_Theses.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Konteks: Penggunaan mobile commerce memberikan kemudahan bagi pengguna dalam sektor transportasi. Salah satunya adalah layanan mobile ticketing yang mempermudah dan mempercepat pemesanan tiket melalui perangkat seluler. Aplikasi layanan mobile ticketing merupakan salah satu teknologi yang menjanjikan karena diiringi dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk reservasi tiket secara online. Permasalahan: Namun, penggunaan mobile ticketing terhadap transportasi umum di Indonesia masih sangat rendah di masyarakat. Padahal penggunaan perangkat seluler terus meningkat dari tahun ke tahun. Penggunaan mobile ticketing milik agen travel online di Indonesia masih rendah dan belum menyebar secara merata, padahal mobile ticketing dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan dari layanan tiket transportasi. Oleh karena itu perlu untuk mengidentifikasi apa sajakah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi seseorang untuk menggunakan mobile ticketing. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan struktural faktor-faktor yang mempengaruhi intensi pengguna dengan menganalisis faktor berdasarkan variabel pada model TAM, The Diffusion of Innovation, Compatibility dan Mobility. Meningkatkan pengaruh variabel laten berdasarkan indikator terukur terhadap intensi pengguna pada penggunaan mobile ticket berdasarkan model riset Mallat et al dan Mengusulkan variabel lain (selain dari persepsi pelanggan) yang memiliki pengaruh terhadap intensi pengguna pada penggunaan mobile ticket dengan cara melakukan studi literatur pada penelitian selanjutnya. Metode: Penelitian ini dilakukan penggunaan model yang didasarkan dari The Diffusion of Innovation dan Technology Acceptance Model (TAM) dengan menggunakan dan dua faktor yaitu Mobility, Use Context tambahan berdasarkan penelitian N. Maslat et al. tambahan. Pengambilan data dilakukan dengan penelitian kualitatif berupa penyebaran kuesioner online melalui sosial media dan pengolahan data dengan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil: Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu variabel Use Context yang memediasi pengaruh variabel Mobility (MOB) merupakan variabel yang paling signifikan terhadap intensi pengguna. Mobility (MOB) yang dimediasi oleh variabel Use Context mempengaruhi secara signifikan sebesar β = 0.49 dengan total effect sebesar -0.11 intensi pengguna (UI). Variabel PU yang dimediasi oleh variabel Use Context berpengaruh secara signifikan terhadap intensi pengguna sebesar sebesar 0.11 dan Variabel COM berpengaruh secara langsung terhadap intensi pengguna sebesar 0.27. Nilai Tambah: Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat menjadi referensi penelitian terkait intensi pengguna dalam menggunakan mobile ticketing milik agen travel online serta diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi bagi pihak layanan agen travel online untuk meningkatkan intensi pengguna dan mempertahankan pengguna layanan mobile ticketing.
=================================================================================================================================
Context: The use of mobile commerce makes it easy for mobile users in the transportation sector. One of mobile commerce services is mobile ticketing that facilitates and speeds up ticket reservations through mobile devices. Mobile ticketing service application is a promising technology because it is accompanied by the increase of needs to reserve tickets online Problem: However, the use of mobile ticketing for public transportation in Indonesia is still low. Though the use of mobile devices continues to increase from year to year. The use of mobile ticketing by online travel agent in Indonesia is still low and has not spread evenly. mobile ticketing benefits user in the efficiency and security of transportation ticket services. Therefore it is necessary to identify what are the factors that can influence a person to use mobile ticketing. Objective: This research aims to identify the structural relationship of the factors that influence user intentions by analyzing factors based on variables in the TAM model, The Diffusion of Innovation and additional variabel such as Compatibility and Mobility. Secondly to Increase the effect of latent variables based on measurable indicators on Use Intention on the use of mobile tickets based on the research model Mallat et al. Method: This research was conducted using a model based on The Diffusion of Innovation and Technology Acceptance Model (TAM) using two factors, namely Mobility, Use Context additional based on research N. Maslat et al. additional. Data was collected through qualitative research in the form of distributing online questionnaires through social media and data processing using the Structural Equation Modeling (SEM) method. Results: The results obtained in this study are the Use Context variable which mediates the effect of the Mobility variable (MOB) is the most significant variable on user intentions. Mobility (MOB) mediated by the Use Context variable significantly affects β = 0.49 with a total effect of -0.11 user intention (UI). PU variable mediated by the Use Context variable significantly influences user intentions of 0.11 and COM variables directly influences user intentions of 0.27. Value Added: It is expected that with this research can be a reference for future research in use intention in using mobile ticketing owned by online travel agent and is expected to produce recommendations for online travel agent services to increase user intentions and retain users of mobile ticketing services.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSSI 658.834 3 Isk a-1 2020 |
Uncontrolled Keywords: | Intensi Pengguna, Mobile ticketing, Structural Equation Modelling (SEM), Technology Acceptance Model (TAM), The Diffusion of Innovation |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling. |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Muhammad Al Farisi Iskandar |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 03:22 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 03:22 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/72955 |
Actions (login required)
View Item |