Niat Adopsi dan Preferensi Konsumen terhadap Produk Baru Pupuk Mini Size untuk Petani Kecil (Studi Kasus: Adopsi Pupuk Mini Size AMINA oleh Petani Jagung dan Bawang Merah di Lamongan)

Putri, Venny Novinita Agustina (2020) Niat Adopsi dan Preferensi Konsumen terhadap Produk Baru Pupuk Mini Size untuk Petani Kecil (Studi Kasus: Adopsi Pupuk Mini Size AMINA oleh Petani Jagung dan Bawang Merah di Lamongan). Other thesis, Institur Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111640000050_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
09111640000050_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dialami petani terkait pupuk non-organik bersubsidi menjadi peluang bagi AMINA (pupuk non-organik hasil samping produksi penyedap masakan PT Ajinomoto Indonesia) untuk memasuki pasar. AMINA selama ini dijual dalam skala besar (tangki) yang hanya bisa dikonsumsi oleh petani skala besar. Demi meningkatkan penjualan, PT Ajinomoto Indonesia hendak menyasar petani kecil dengan meluncurkan produk AMINA skala kecil yang disebut mini size AMINA. Sebagai produk baru, perusahaan melakukan uji coba pasar pada petani jagung dan bawang merah di Lamongan untuk mengetahui tingkat penerimaan mini size AMINA agar terhindar dari kegagalan pasar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat niat adopsi, faktor yang memengaruhi niat adopsi, dan preferensi atribut produk pada petani jagung dan bawang merah di Lamongan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus kepada dua belas petani. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat niat adopsi dari petani jagung dan bawang merah cukup besar, yaitu 7 dari 12 petani (58%) menyatakan memiliki niat adopsi produk dengan skor kepuasan 8-10 yang dinilai dari tampak fisik tanaman dan kemudahan penggunaan produk. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor relative advantage, compatibility, complexity, observability, dan trialability memengaruhi petani untuk berniat mengadopsi produk. Preferensi sebagian besar responden terkait atribut produk mini size AMINA antara lain harga dengan rentang Rp5.000-Rp6.000, volume 20 liter, tidak memiliki keterangan sertifikasi produk, dan tempat pembelian berjarak antara 2-3 kilometer dari lahan bertani.
===================================================================================================================================
Problems faced by farmers related to subsidized non-organic fertilizer become an opportunity for AMINA (other non-organic by-product fertilizer from the production of food seasoning by PT Ajinomoto Indonesia) to enter the market. AMINA has been sold on a large scale (tank) which can only be consumed by large scale farmers. In order to increase sales, PT Ajinomoto Indonesia wants to target smallholder farmers by launching small-scale AMINA products or can be called mini size AMINA. As a new product, the company is conducting a market testing to corn and onion farmers in Lamongan to determine acceptance of mini size AMINA to avoid market failure. Therefore, this study aims to identify the rate of adoption intentions, factors that influence adoption intentions, and consumer preferences regarding product attributes by corn and onion farmers in Lamongan. The study uses qualitative methods with a case study approach to twelve farmers. From the results it is known that the rate for adoption intentions of smallholder farmers is quite large, as 7 of the 12 farmers (58%) stated that they had the intention to adopt a product with a satisfaction score of 8-10 which assessed from the physical appearance of the plant and the ease of use of the product. The result shows that relative advantage, compatibility, complexity, observability, and trialability influence farmers to intend to adopt the product. Most respondent’s preferences related to mini size AMINA's product attributes include prices in the range of Rp5,000-Rp6,000, volume of 20 liters, no information on product certification, and the place of purchases is 2-3 kilometers from farmland.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSMB 658.834 3 Put n-1
Uncontrolled Keywords: Atribut produk, Niat adopsi, Petani kecil, Preferensi konsumen, Pupuk
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.32 Consumers' preferences
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Venny Novinita Agustina Putri
Date Deposited: 27 Apr 2023 06:11
Last Modified: 27 Apr 2023 06:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73572

Actions (login required)

View Item View Item