Monitoring Bag Case Packer Machine Di PT Industrial Robotic Automation Dengan Menggunakan Program HMI

Pradana, Onassis Reynaldo Ari (2020) Monitoring Bag Case Packer Machine Di PT Industrial Robotic Automation Dengan Menggunakan Program HMI. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10311600000073-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
10311600000073-Non_Degree.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Robotic Bag Case Packer (ROPAC) adalah mesin packaging otomatis yang berfungsi untuk mengemas produk kemasan dan dimasukkan ke dalam sebuah box. Dengan mesin ROPAC ini proses pengemasan produk ke dalam kardus akan menjadi lebih cepat. Permasalahan yang dapat terjadi yakni mesin tidak selamanya berjalan dengan lancar, bisa terjadi eror. Karena banyaknya bagian robot packer sehingga operator tidak mengetahui letak posisi eror tersebut. Solusi untuk mengatasi kejadian eror tersebut maka dibuatlah monitoring Human Machine Interface (HMI). Dengan adanya HMI ini bisa mengetahui letak posisi eror yang ditampilkan oleh layar. HMI juga berfungsi sebagai pusat kendali mesin. Kendali mesin ROPAC terdapat dua jenis mode, Mode Manual dan Mode Auto. Mesin ROPAC running pada saat keadaan Auto, maka mesin akan bekerja sesuai dengan sequence yang telah di buat, dan operator hanya melakukan monitoring melalui HMI. Dan menggunakan Programmable Logic Controller (PLC) sebagai kontroller untuk menjalankannya. Ketika saat kondisi mesin yang lancar, operator hanya melihat data counter box, dan ketika shift berakhir maka tugas operator adalah membuat laporan tentang kinerja mesin, dan total box yang keluar secara aktual sesuai dengan data HMI. Untuk Mode Manual digunakan untuk melakukan pengecekan bagian mesin yang telah diperbaiki sudah berjalan dengan baik. Hasil dari Proyek Akhir ini yaitu dapat meningkatkan hasil dari produksi sebesar 11,2%. Indikator tersebut dapat dilihat dengan cara dapat mengetahui lokasi eror dengan cepat sehingga bisa dilakukan perbaikan agar tidak memakan banyak waktu.
====================================================================================================================================

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 3100020084702 RSEO 629.895 Pra m-1
Uncontrolled Keywords: Robotic Bag Case Packer, Human Machine Interface, Programmable Logic Controller
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ211 Robotics.
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223.P76 Programmable controllers
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Data Transmission Systems
Divisions: Faculty of Vocational > 36304-Automation Electronic Engineering
Depositing User: Onassis Reynaldo Ari Pradana
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:10
Last Modified: 21 Dec 2022 03:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74611

Actions (login required)

View Item View Item