Analisa Putaran U Dengan Median Pada Kondisi Terlindung Dan Tidak Terlindung ( Kasus Jalan Dharmawangsa Kota Surabaya)

., Aryadisal (2016) Analisa Putaran U Dengan Median Pada Kondisi Terlindung Dan Tidak Terlindung ( Kasus Jalan Dharmawangsa Kota Surabaya). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3115040514-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3115040514-Presentation.pdf - Presentation

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kondisi putaran U pada ruas Jalan Dharmawangsa pada saat ini tidak terlihat bermasalah pada jam – jam biasa, namun pada saat jam puncak terutama jam puncak pagi, siang dan sore ada peluang akan terjadinya antrian kendaraan kerena tidak adanya fasilitas lajur antrian. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dilakukan perbaikan kinerja putaran U dengan memberi pelindung. Permasalahan, bagaimana analisa putaran U untuk ruas Jalan Dharmawangsa pada kondisi terlindung dan tidak terlindung. Evaluasi putaran U pada kondisi terlindung maupun tidak terlindung untuk kondisi saat ini hingga 5 tahun yang akan datang dengan teori antrian. Evaluasi diawali dari pengumpulan data jumlah penduduk dan pertumbuhan jumlah kendaraan yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kota Surabaya, pengukuran data geometrik jalan, survei volume lalu lintas untuk mengevaluasi kinerja putaran U. Berdasarkan hasil evaluasi, panjang antrian (Y) saat kondisi putaran U pada kondisi terlindung lebih kecil dibandingkan pada kondisi tidak terlindung dengan Ymax = 1.053 m untuk kondisi tidak terlindung pada hari Senin, 14 Maret 2016 dan Ymax = 0.010 m untuk kondisi terlindung pada hari Senin 4 April 2016. Sedangkan untuk hasil perhitungan 5 tahun kedepan juga didapat hasil Ymax lebih kecil pada kondisi terlindung dibandingkan pada saat tidak terlindung dengan Ymax = 1.531 m pada kondisi tidak terlindung dan Ymax = 0.014 m pada kondisi terlindung yaitu pada pada hari Senin tahun 2021. =========================================================================================================== The condition of U turn at Dharmawangsa Road at the present time seems no any problem at the ordinary time. But, in peak hours particularly at morning, noon dan evening peaks there are opportunities of queue will be happen because there is no queue row. To solve this problem, it needs some act to repair the U turn performance with giving protection. The problem, How the analysis of U turn at Dharmawangsa Road at protected and unprotected condition. Evaluation of U turn at protected and unprotected condition for the condition at present time until 5 years later by queuing theory. The evaluation started from collecting population data and growth in the number of vihicles data that was receiving from Badan Pusat Statistik Kota Surabaya, road geometric measurement data, survey traffic volume to evaluate U turn performance. Based on the evaluation result, The U turn queue lenght (Y) at protected condition is smaller than unprotected condition with Ymax = 1.053 m for unprotected condition at Monday, March 14 2016 dan Ymax = 0.010 m for protected condition at Monday, April 4 2016. Meanwhile the result for 5 years later it is also got Ymax result is smaller at protected condition than unprotected condition with Ymax = 1.531 m at unprotected condition and Ymax = 0.014 m at protected condition at Monday 2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 338.413 1 Ary a-1
Uncontrolled Keywords: putaran U, panjang lajur antrian, tingkat pelayanan, Ymax, U turn, queue row length, service level, Ymax
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:33
Last Modified: 05 Mar 2020 02:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75310

Actions (login required)

View Item View Item