., Aryadisal (2016) Analisa Putaran U Dengan Median Pada Kondisi Terlindung Dan Tidak Terlindung ( Kasus Jalan Dharmawangsa Kota Surabaya). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3115040514-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
3115040514-Presentation.pdf - Presentation Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kondisi putaran U pada ruas Jalan Dharmawangsa pada saat
ini tidak terlihat bermasalah pada jam – jam biasa, namun pada saat
jam puncak terutama jam puncak pagi, siang dan sore ada peluang
akan terjadinya antrian kendaraan kerena tidak adanya fasilitas
lajur antrian. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dilakukan
perbaikan kinerja putaran U dengan memberi pelindung.
Permasalahan, bagaimana analisa putaran U untuk ruas Jalan
Dharmawangsa pada kondisi terlindung dan tidak terlindung.
Evaluasi putaran U pada kondisi terlindung maupun tidak
terlindung untuk kondisi saat ini hingga 5 tahun yang akan datang
dengan teori antrian. Evaluasi diawali dari pengumpulan data
jumlah penduduk dan pertumbuhan jumlah kendaraan yang
diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kota Surabaya, pengukuran
data geometrik jalan, survei volume lalu lintas untuk mengevaluasi
kinerja putaran U.
Berdasarkan hasil evaluasi, panjang antrian (Y) saat kondisi
putaran U pada kondisi terlindung lebih kecil dibandingkan pada
kondisi tidak terlindung dengan Ymax = 1.053 m untuk kondisi
tidak terlindung pada hari Senin, 14 Maret 2016 dan Ymax = 0.010
m untuk kondisi terlindung pada hari Senin 4 April 2016.
Sedangkan untuk hasil perhitungan 5 tahun kedepan juga didapat
hasil Ymax lebih kecil pada kondisi terlindung dibandingkan pada
saat tidak terlindung dengan Ymax = 1.531 m pada kondisi tidak
terlindung dan Ymax = 0.014 m pada kondisi terlindung yaitu pada
pada hari Senin tahun 2021.
===========================================================================================================
The condition of U turn at Dharmawangsa Road at the present
time seems no any problem at the ordinary time. But, in peak hours
particularly at morning, noon dan evening peaks there are
opportunities of queue will be happen because there is no queue
row. To solve this problem, it needs some act to repair the U turn
performance with giving protection. The problem, How the
analysis of U turn at Dharmawangsa Road at protected and
unprotected condition.
Evaluation of U turn at protected and unprotected condition
for the condition at present time until 5 years later by queuing
theory. The evaluation started from collecting population data and
growth in the number of vihicles data that was receiving from
Badan Pusat Statistik Kota Surabaya, road geometric measurement
data, survey traffic volume to evaluate U turn performance.
Based on the evaluation result, The U turn queue lenght (Y) at
protected condition is smaller than unprotected condition with
Ymax = 1.053 m for unprotected condition at Monday, March 14
2016 dan Ymax = 0.010 m for protected condition at Monday,
April 4 2016. Meanwhile the result for 5 years later it is also got
Ymax result is smaller at protected condition than unprotected condition with Ymax = 1.531 m at unprotected condition and
Ymax = 0.014 m at protected condition at Monday 2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSS 338.413 1 Ary a-1 |
Uncontrolled Keywords: | putaran U, panjang lajur antrian, tingkat pelayanan, Ymax, U turn, queue row length, service level, Ymax |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4 |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 02:33 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 02:33 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75310 |
Actions (login required)
View Item |