Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Serta Loyalitas Pelanggan, Studi Kasus : Cv.Sego Njamoer Outlet Cabang Sakinah Surabaya

Susanti, Aini Prisilia (2016) Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Serta Loyalitas Pelanggan, Studi Kasus : Cv.Sego Njamoer Outlet Cabang Sakinah Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 9114201502-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
9114201502-Master_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor untuk mengukur keberhasilan suatu bisnis, khususnya di
bidang kuliner, adalah perolehan omset meningkat serta profit besar. CV. Sego
Njamoer adalah salah satu kuliner yang sedang tren saat ini, dengan menu utama
yaitu Sego Njamoer (nasi berbentuk onigiri dengan isian jamur tiram). Namun
akhir-akhir ini peminat Sego Njamoer mulai beralih ke menu lainnya yaitu Pentol
Njamoer, terutama di outlet cabang Sakinah, Surabaya. Pentol Njamoer memang
mendominasi perolehan omset. Namun jika dilihat dari segi profit, Sego Njamoer
memiliki potensi profit yang lebih besar jika dibandingkan dengan Pentol Njamoer.
Selain itu, CV.Sego Njamoer juga harus memenangkan pasar dengan menarik
pembeli dan pelanggan sebanyak-banyaknya serta mempertahankan loyalitas
pelanggan. Oleh sebab itu, CV.Sego Njamoer harus menganalisa faktor-faktor yang
mempengaruhi kepuasan pelanggan. Marketing Mix 7P atau bauran pemasaran
merupakan salah satu media yang tepat untuk mengetahui tingkat kepuasan
pelanggan sehingga tercapai pelanggan yang loyal.
Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuisioner yang terdiri dari 2
bagian yaitu data responden pelanggan dan kuisioner utama dengan responden
owner CV.Sego Njamoer. Pengolahan data dari pelanggan menggunakan Structural
Equation Modelling Partial Least Square (SEM-PLS) untuk mengetahui pengaruh
antar variabel dan kuisioner utama menggunakan Analytical Hierarchy Process
(AHP) untuk menghasilkan keputusan.
Hasil dari penelitian adalah marketing mix berpengaruh positif terhadap
kepuasan pelanggan dengan nilai path coefficient sebesar 0,715 dan t-statistik
sebesar 14,818. Sedangkan hasil pengolahan AHP menunjukkan dimensi product
menjadi prioritas yang diharapkan dapat ditingkatkan dan diperbaiki untuk masa
yang akan datang
===========================================================================================
Acquisition of increased turnover and big profit are several factors to
measure the success of a business, especially the culinary business. CV. Sego
Njamoer is one of the culinary current trends, with Sego Njamoer (onigiri rice with
oyster mushroom stuffing) as the main menu. But lately the consumers of sego
njamoer switch to another menu called pentol njamoer, especially in branch outlets
Sakinah, Surabaya. The sales is dominated by pentol njamoer, however sego
njamoer have greater profit potential than pentol njamoer. Additionally, CV.Sego
Njamoer also have to win the market by attracting buyers and customers as much
as possible and maintain customer loyalty. Therefore, CV.Sego Njamoer should
analyze the factors that affect customer satisfaction in order to reach a loyal
consumer through the 7P marketing mix.
The research was done by giving questionnaires consisting of two parts,
which are the data of respondents from customers and main questionnaire. Data
processing from customers using Structural Equation Modelling Partial Least
Square (PLS-SEM) to determine the influence between variables and the main
questionnaire using Analytical Hierarchy Process (AHP) to produce a decision.
The results of this research are positive effect on the marketing mix of
customer satisfaction with a value of 0,715 path coefficient and t-statistic value is
14,818. While the result of the processing of AHP shows the dimensions of a
priority is the product that expected to be enhanced and improved for the future

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.834 3 Sus a
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Structural Equation Modelling Partial Least Square, Analytical Hierarchy Process
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 21 Jul 2020 02:36
Last Modified: 21 Jul 2020 02:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76429

Actions (login required)

View Item View Item