Evaluasi dan Rancangan Perbaikan Kepuasan Kerja Tenaga Pengajar pada Institusi Pendidikan Tinggi Islam Universitas Hasyim Asy’ari

Farros, Barbarossa Muhammad (2020) Evaluasi dan Rancangan Perbaikan Kepuasan Kerja Tenaga Pengajar pada Institusi Pendidikan Tinggi Islam Universitas Hasyim Asy’ari. Other thesis, Institut Teknolgi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111640000125-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
09111640000125-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peran pendidikan dalam kemajuan suatu negara merupakan suatu hal yang
penting. Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan kapasitas pendidikan
terbesar tercatat memiliki indeks pendidikan cukup rendah dengan menempati
peringkat 113 dari 187 negara. Salah satu cara untuk memperbaiki indeks
pendidikan dari sudut pandang sumber daya manusia yaitu dengan mengoptimalkan
potensi dari tenaga pengajar sehingga dapat menghasilkan proses belajar mengajar
yang baik. Untuk mewujudkan hal tersebut lembaga pendidikan membutuhkan
rancangan kepuasan karyawan yang tepat. Penelitian ini mengambil studi kasus
pada Universitas Hasyim Asy’ari. Universitas ini merupakan Universitas Islam di
Kabupaten Jombang yang telah berdiri sejak tahun 1967. Selama 5 tahun terakhir
Universitas Hasyim Asy’ari memiliki tingkat pengunduran diri dari tenaga pengajar
yang cukup tinggi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menurunkan
angka pengunduran diri tenaga pengajar dengan mengevaluasi layanan kepuasan
karyawan dan memberikan rekomendasi perbaikan. Proses penelitian ini dimulai
dengan mengidentifikasi atribut kepuasan karyawan dalam teori dimensi kebutuhan
Maslow. Atribut-atribut tersebut dianalisis menggunakan metode Importance
Satisfaction Analysis (ISA) kemudian hasil analisis ISA diolah lebih lanjut
menggunakan metode House of Quality (HOQ) untuk mendapatkan rekomendasi
perbaikan. Langkah terakhir dilakukan pengukuran efisiensi menggunakan Data
Envelopment Analysis (DEA) untuk mendapatan prioritas perbaikan. Hasil dari
penelitian ini didapatkan 21 atribut kepuasan karyawan dimana dari hasil ISA
diketahui 13 atribut kepuasan karyawan perlu untuk diperbaiki. Hasil HOQ
menunjukan terdapat 11 langkah perbaikan dengan prioritas utama hingga akhir.
Disisi lain hasil DEA menunjukan Fakultas Agama Islam dan Fakultas Ilmu
Pendidikan telah mencapai efisiensi. Prioritas ulang berdasarkan hasil HOQ dan
DEA menunjukan hasil yang tidak signifikan karena perubahan yang terjadi hanya pada prioritas terakhir.
======================================================================================================
Education is the most important thing for a country as, educational
institutions play a major role in the development of a nation. Indonesia is a country
with the large educational capacity but has low education index, ranked 113 of 187
countries. Maximize the potential of teaching staff performance is the way to
improve education index from human resources perspective. This study use Islamic
University of Hasyim Asy'ari as an object with the purpose to evaluating and
improving employee satisfaction attributes because employee turnover rates over
the past 5 years is high. This study coincides with the University's restructuring
period so the final results of this study can be used as recommendation to solves
employee satisfaction problems. This study using the need theory of Maslow's
dimensions to determine the attributes of employee satisfaction. Employee
satisfaction attributes then analyzed using the Importance Satisfaction Analysis
(ISA) method. Data Envelopment Analysis (DEA) method measure efficincy in
each faculties to determine the level of efficiency in the employee satisfaction
attributes. The results of the ISA analysis will be processed using e House of
Quality (HOQ) method to get improvement recommendations. The results of this
study found 21 attributes of employee satisfaction. From the results of the ISA 13
attributes of employee satisfaction need to be improved. Technical response HOQ
show there are 11 point of improvement from top priority to low priority. In the
other hand the DEA results show that the Faculty of Islamic Religion and the
Faculty of Education have maximum efficiency. Re-priority based on HOQ and
DEA results show insignificant results because the change only at the low priority.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Employee Satisfaction, Institusi perguruan tinggi, Importance Satisfaction Analysis (ISA), Data Envelopment Analysis (DEA),House of Quality (HOQ),Employee Satisfaction, Higher Education, Importance Satisfaction Analysis (ISA), Data Envelopment Analysis (DEA),House of Quality (HOQ)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.5.J63 Job satisfaction (Personnel management)
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Barbarossa Muhammad Farros
Date Deposited: 13 Aug 2020 06:18
Last Modified: 10 Jun 2023 14:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77990

Actions (login required)

View Item View Item