Anggraini, Arum (2020) Analisis Faktor Pendorong Social Commerce Menggunakan Structural Equation Modeling dengan Variabel Moderasi untuk Meningkatkan Intensi Penggunaan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
05211640000012-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Konteks: Seiring dengan pengguna media sosial Instagram yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, tujuan dalam penggunaan media sosial tersebut juga mengalami perkembangan. Salah satu perkembangan dalam penggunaan media sosial Instagram adalah digunakan sebagai sarana penunjang bisnis khususnya dalam pemasaran suatu produk atau layanan sehingga telah melahirkan istilah social commerce. Social commerce merupakan bagian dari e-commerce yang dalam kegiatannya didorong dengan penggunaan media sosial sebagai fasilitas untuk melakukan pembelian dan penjualan suatu produk maupun layanan secara online. Dalam kegiatan social commerce, kepercayaan konsumen merupakan hal penting yang harus dijaga oleh vendor social commerce sehingga dapat meningkatkan intensi konsumen dalam melakukan pembelian. Permasalahan: Permasalahan yang dihadapi adalah meningkatkan intensi pembelian konsumen melalui social commerce merupakan sebuah tantangan karena berkurangnya kepercayaan konsumen yang disebabkan oleh kendala interaksi tatap muka secara langsung sehingga menimbulkan kecurigaan. Dengan permasalahan tersebut, perlu untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga dapat memengaruhi intensi konsumen dalam melakukan pembelian melalui social commerce. Selain itu, perubahan perilaku berbelanja yang awalnya secara tradisional atau bertatap muka langsung dengan penjual menjadi perilaku berbelanja online membuat perlu untuk mengetahui apakah persepsi konsumen terhadap platform yang mendukung social commerce berpengaruh terhadap intensi konsumen dalam melakukan pembelian melalui social commerce. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang memengaruhi intensi pembelian konsumen melalui social commerce pada Instagram, menyusun rekomendasi perbaikan strategi kepada vendor social commerce berdasarkan hasil analisis dan kajian literatur. Selain itu juga mengidentifikasi variabel-variabel lain yang memiliki pengaruh terhadap intensi pembelian konsumen melalui social commerce. Metode: Metode yang digunakan adalah Structural Equation Modeling dengan mengacu pada model penelitian yang telah dikembangkan oleh Imene Ben Yahia, Nasser Al-Neama, dan Laoucine Kerbache. Data yang akan digunakan pada penelitian ini diperoleh dengan melakukan survei secara daring kepada responden yang mempunyai pengalaman berbelanja produk fashion melalui social commerce pada Instagram. Hasil: Berdasarkan analisis terhadap model penelitian, didapatkan hasil hasil bahwa Reputation dan Hedonic Effort terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Sementara itu, intensi konsumen dalam berbelanja melalui Social Commerce di Instagram terbukti dipengaruhi secara signifikan oleh variabel Trust, Habit dan Facilitating Conditions. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan identifikasi variabel lain yang dapat memengaruhi intensi pembelian melalui social commerce oleh konsumen di Instagram yaitu Information Quality dan Transaction Safety. Nilai tambah: Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan rekomendasi saran dan perbaikan kepada vendor social commerce pada Instagram dari analisis yang telah dilakukan terhadap variabel-variabel yang memengaruhi intensi pembelian konsumen melalui social commerce. Selain itu, variabel lain yang didapatkan dari kajian literatur juga dapat digunakan sebagai rekomendasi pengimplementasian dan pengembangan model kedepannya.
===================================================================================================================================
Context: Along with Instagram users continue to increase every year, the goal of using this social media is also experiencing growth. One of the developments in the use of Instagram is used as a means of supporting businesses, especially in marketing a product or service so that it has given birth to the term social commerce. Social commerce is part of e-commerce which in its activities is encouraged by the using of social media as a facility to make purchases and sales of products and services by online. In social commerce activities, consumer trust is an important thing that must be maintained by social commerce vendors to increase consumer intentions in making purchases. Problem: The problem faced is that increasing consumer purchase intentions through social commerce is a challenge due to reduced consumer trust caused by face-to-face interaction constraints that cause suspicion. With these problems, it is necessary to know the factors that can increase consumer trust so that it can influence consumer intentions in making purchases through social commerce. In addition, changes in shopping behavior that initially traditionally or face to face with sellers to online shopping behavior make it necessary to know whether consumers' perceptions of platforms that support social commerce influence consumer intentions in making purchases through social commerce. Objective: This study aims to analyze the factors that influence consumer purchase intentions through social commerce on Instagram, make recommendations for improving strategies to social commerce vendors based on the results of analysis and literature review. It also identifies other variables that have an influence on consumer purchase intentions through social commerce. Method: The method used is Structural Equation Modeling with reference to the research model that has been developed by Imene Ben Yahia, Nasser Al-Neama, and Laoucine Kerbache. The data to be used in this study was obtained by conducting an online survey of respondents who had experience shopping for fashion products through social commerce on Instagram. Result: Based on the analysis of the research model, the results obtained that Reputation and Hedonic Effort proved to have a significant effect on consumer’s trust. Meanwhile, consumers intent to purchase through social commerce on Instagram proved to be significantly influenced by the variables Trust, Habit, and Facilitating Conditions. In addition, this study also resulted in the identification of other variables that could influence the intention to purchase through social commerce by consumers on Instagram namely Information Quality and Transaction Safety. Value Added: This research is useful to provide recommendations of suggestion and improvements to social commerce vendors on Instagram from the analysis that has been done to the variables that influence consumer purchase intentions through social commerce. In addition, other variables obtained from the literature review can also be used as recommendations for future implementation and development of the model.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSSI 658.834 3 Ang a-1 2020 |
Uncontrolled Keywords: | Social Commerce, Intention of Purchasing, Structural Equation Modeling, Social Commerce, Intensi Pembelian, Structural Equation Modeling |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce. |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Arum Anggraini |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 04:18 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 04:18 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/78474 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |