Rahadian, Yanuar Rafi (2020) ANALISIS SEGMENTASI DAN KEPUASAN SISWA KURSUS X DENGAN PENDEKATAN CLUSTERING MODEL RFM DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
02411850050001_Master_Thesis.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kompetisi dalam dunia bisnis untuk dapat mempertahankan dan mem-peroleh pelanggan semakin ketat. Keberhasilan suatu perusahaan dalam kompetisi bisnis ditentukan oleh kebijakan perusahaan. Untuk memenangkan kompetisi bisnis, maka pada penelitian ini dilakukan pemetaan profil pelanggan Kursus Gitar X dengan RFM (Recency Frequency Monetary) dan pengukuran kepuasan pelanggan Kursus Gitar X dengan CSI (Customer Satisfaction Index). Kursus Gitar X merupakan usaha rintisan yang bergerak pada bidang jasa layanan pendidikan non formal. Pelanggan Kursus Gitar X merupakan konsumen yang telah melakukan transaksi pembayaran untuk mengikuti kursus gitar. Data yang digunakan dalam segmentasi 244 pelanggan merupakan riwayat transaksi sejak Februari 2018 hingga Februari 2020. Data yang digunakan untuk mengukur kepuasan pelanggan adalah survei kepuasan terhadap 101 pelanggan yang dilakukan pada tanggal 11-18 Maret 2020. Hasil akhir segmentasi pelanggan telah berhasil diusulkan dengan membagi siswa Kursus Gitar X menjadi 4 segmen pelanggan, yaitu superstar, golden, typical, dan dormant. Segmen 1 atau para pelanggan typical merasa paling puas dengan tingkat kepuasan sebesar 84,2%. Pelanggan paling berharga berada pada segmen 2 (pelanggan superstar) yang berbelanja setidaknya Rp 610.000 selama 25 bulan. Kursus Gitar X perlu mempertahankan mereka dengan memberikan hadiah. Action plan diusulkan untuk mengatasi permasalahan yang muncul dari beberapa poin atribut yang memiliki nilai kepentingan yang tinggi namun memiliki kinerja rendah (gap tertinggi) pada item 4, 8, 15 dan 19. Usulan perbaikan tersebut meliputi pengadaan peredam suara, penyusunan lembar tugas siswa, penyusunan lembar laporan kemajuan siswa dan penjadwalan first meeting training. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan analisis mendalam mengenai segmentasi pelanggan dan kepuasan siswa Kursus Gitar X.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services. Customer relations |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Yanuar Rafi Rahadian |
Date Deposited: | 21 Aug 2020 08:05 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 08:20 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/80309 |
Actions (login required)
View Item |