Analisis Faktor Yang Memengaruhi Intensi Penggunaan ‘Hedonic Network’ Pada Media Sosial Menggunakan Structural Equation Modeling

Ramadhan, Ilham Faiz (2020) Analisis Faktor Yang Memengaruhi Intensi Penggunaan ‘Hedonic Network’ Pada Media Sosial Menggunakan Structural Equation Modeling. Undergraduate thesis, InstitutTeknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
05211640000131-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Konteks: Munculnya jejaring sosial telah memungkinkan pengguna secara bebas berpendapat tentang suatu merek. Fitur pada media sosial berkembang hingga memunculkan istilah hedonic network. Hedonic network merupakan media sosial yang digunakan untuk berkomumikasi dan memiliki beberapa fitur yang dapat menghibur pengguna, salah satunya adalah Instagram. Munculnya Instagram menjadikan strategi baru pada pemasaran dikarenakan generasi muda lebih suka melihat gambar daripada membaca teks Permasalahan: Instagram merupakan media sosial di Indonesia yang banyak memiliki pengguna sehingga memiliki dampak besar kepada masyarakat Indonesia. Sebagai sebuah teknologi IT, Instagram mempengaruhi pandangan hidup hedonis, yaitu menganggap bahwa seseorang akan menjadi bahagia apabila menggunakan sesering mungkin media sosial untuk mengungkapkan gaya hidup mereka.. Oleh karena hal tersebut perlu untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi penggunaan Instagram dengan memperhatikan faktor identitas sosial Tujuan: Tujuan dari peneleitian ini melakukan analisis secara struktural terhadap variabel yang mempengaruhi intention to use Instagram berdasarkan model riset yang telah dibuat oleh dibuat Bahri-Ammari Nedraa dan kawan-kawan Kedua, berdasarkan hasil analisis, tujuan penelitian berikutnya adalah mencari penyebab variabel yang memengaruhi intention to use Instagram. Ketiga, melakukan studi literatur untuk mendapatkan variabel lain yang memengaruhi intention to use Instagram pada model penelitian Bahri-Ammari Nedraa dan kawan-kawan. Metode: Penelitian ini dimulai dari studi literatur untuk mencari referensi yang kredibel, lalu membuat desain kuesioner yang disesuaikan dengan penelitian sebelumnya. Responden yang dibutuhkan pada peneltian ini adalah pengguna Instagram yang mengikuti akun instagram sepatu Compass dengan usia 17-40 tahun di Pulau Jawa. Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner menggunakan Google Form yang sebelum nya telah divalidasi ke bebrapa responden terlebih dahulu. Data diolah menggunakan Strucural Equation Model (SEM). Setelah data survei didapatkan dilakukan pengujian validitas dan reabilitas menggunakan perangkat lunak SPSS. Ketika data sudah lolos uji validitas dan reabilitas, kemudian data tersebut digunakan untuk menguji model dan hipotesis dengan menggunakan perangkat lunak AMOS Hasil: Hasil dari penelitian ini adalah analisis faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap intensi pengguna dalam menggunakan Instagram yaitu Attitude to use Instagram (ATT) yang dipengaruhi oleh Perceived Ease of Use (PEOU) dan identitas sosial. Nilai tambah: Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi intensi pengguna dalam menggunakan Instagram dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan intensi pengguna dalam menggunakan Instagram. ============================================================ Context: The emergence of social networking has allowed users to freely argue about a brand. Features on social media developed to bring up the term hedonic network. Hedonic network is a social media that is used to communicate and has several features that can entertain users, like Instagram. The emergence of Instagram makes a new strategy in marketing because the younger generation prefers to see images rather than reading text. Problem: Instagram is a social media in Indonesia that has many users so it has a big impact on the Indonesian people. As an IT technology, Instagram influences the hedonic way of life, which is to assume that someone will be happy if they use social media as often as possible to express their lifestyle. Therefore, it is necessary to identify the factors that influence Instagram use by paying attention to social identity factors. Objective: The purpose of this research is to conduct a structural analysis of the variables that influence intention to use Instagram based on a research model created by Bahri-Ammari Nedraa et al. Second, based on the results of the analysis, the purpose of the next research is to find the cause of the variables that influence intention to use Instagram based on the research model conducted by Bahri-Ammari Nedraa et al. Third, conduct a literature study to obtain other variables that influence intention to use Instagram in the Bahri-Ammari Nedraa et al. Method: This research starts from a literature study to find credible references, then makes a questionnaire design that is adjusted to previous research. Respondents needed in this research are Instagram users who follow the Instagram account off sepatu Compass between 17-40 years in Java island. The data was obtained by distributing questionnaires using Google Forms which were previously validated to several respondents first. Data is processed using Strucural Equation Model (SEM). After the survey data is obtained the validity and reliability testing is done using SPSS software. When the data has passed the validity and reliability test, then the data is used to test models and hypotheses using AMOS software. Results: The results of this study have found factors associated with user intentions to use Instagram, namely Attitude to use Instagram (ATT) required by Ease of Use (PEOU) and social identity. Value Added: The benefit of this research is to identify factors that can influence user intentions to use Instagram and provide recommendations to increase user intentions to use Instagram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hedonic network, Structural Equation Modelin, Intensi Pengguna, Instagram, AMOS, Intention to use
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services. Customer relations
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ilham Faiz Ramadhan
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:12
Last Modified: 25 Aug 2020 03:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80602

Actions (login required)

View Item View Item