Analisis Faktor Kesuksesan E-Commerce Pada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Di Jawa Timur

Fadila, Umi Nur (2016) Analisis Faktor Kesuksesan E-Commerce Pada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Di Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5210100066-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
5210100066-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

E-commerce sebagai media jual beli online mulai
berkembang dan ramai diperbincangkan oleh pelaku bisnis seiring
dengan pesatnya kemajuan teknologi. Implementasi e-commerce
diakui dapat memberikan berbagai macam keuntungan seperti
kemudahan bertransaksi yang dapat dilakukan kapanpun dan
dimanapun, sehingga hal tersebut menggeser kebiasaan
masyarakat cenderung untuk melakukan transaksi secara online
(online shopping). Saat ini banyak pelaku bisnis berskala besar
maupun pebisnis berskala mikro, kecil dan menengah (UMKM)
mulai mengimplementasikan e-commerce. Dan fakta yang terjadi
tidak sedikit pelaku bisnis yang dapat merasakan manfaat
kesuksesan e-commerce, namun demikian tidak sedikit pula pelaku
bisnis yang mengetahui apakah e-commerce mereka telah meraih
kesuksesan dan bahkan masih banyak yang mengalami kegagalan.
Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
faktor yang menjadi penyebab kesuksesan e-commerce dengan
mengacu pada teori kesuksesan e-commerce penelitian
sebelumnya. Teori penelitian tersebut mengkategorikan
kesuksesan e-commerce berdasarkan 4 faktor yaitu faktor pendorong Internal (Internal Drivers), faktor pendorong eksternal
(External Drivers), faktor penghambat Internal (Internal
Obstacles) dan faktor penghambat eksternal (External Obstacles).
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Tools yang
digunakan untuk menganalisis data yaitu SPSS dan GeSCA. Dari
222 UMKM di Jawa Timur diketahui bahwa (1) Internal Drivers
memiliki pengaruh positif terhadap kesuksesan e-commerce, (2)
Internal Obstacles memiliki pengaruh negatif terhadap kesuksesan
e-commerce, (3) External Drivers memiliki pengaruh positif
terhadap kesuksesan e-commerce, (4) External Obstacles memiliki
pengaruh negatif terhadap kesuksesan e-commerce serta hasil
penelitian ini juga menghasilkan rekomendasi untuk meningkatkan
kesuksesan e-commerce pada UMKM
==================================================================================================================
E-commerce as a method of online transaction starts
growing and is often discussed by business actors along with the
rapid advances in technology. Since the implementation of ecommerce is recognized to provide variety of benefits such as ease
of transaction that can be done anytime and anywhere, it shifts the
habits of people which tend to carry out online transactions (online
shopping). In the present day, many large-scale businesses and
micro businesses, small and medium-sized enterprises (SMEs)
start to implement e-commerce. The fact is a lot of businesses can
gain benefit the success of e-commerce. On the other hand, it is
also a lot business actors who does not know if their implemented
e-commerce have been successful, and even many of them have
failed to do so.
Hence, this study was conducted to determine the factors
that affect the success of e-commerce with reference to the theory
of e-commerce success in previous studies. The research theory
categorizes the success of e-commerce based on four factors:
internal driving forces (Internal Drivers), external driving forces
(External Drivers), internal inhibitor factor (Internal Obstacles)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 381.142 Fad a
Uncontrolled Keywords: e-commerce, critical success factor of e-commerce, external obstacles, generalized structured component analysis (GSCA)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:39
Last Modified: 08 Sep 2020 04:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81823

Actions (login required)

View Item View Item