Strategi Manajemen Perubahan dengan Model ADKAR dan Pengukuran Risiko pada Implementasi Sistem E-Katalog

Ariestyadi, Ramadian (2021) Strategi Manajemen Perubahan dengan Model ADKAR dan Pengukuran Risiko pada Implementasi Sistem E-Katalog. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211950025035-Master_Thesis.pdf] Text
09211950025035-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 March 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada saat ini teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Teknologi dapat mengubah paradigma seseorang dari yang sebelumnya melakukan proses secara konvensional menjadi proses elektronik atau digital. Begitu juga di perusahaan, teknologi diciptakan untuk meningkatkan competitive advantage dan menjaga sustainability perusahaan. Dengan adanya teknologi, perusahaan mampu meningkatkan efisiensi dalam hal proses bisnis dan aspek finansial. Namun sering kali perusahaan gagal dalam melakukan implementasi dikarenakan kendala-kendala yang dihadapi tidak dapat diselesaikan dengan baik. Salah satu kunci keberhasilan implementasi sistem/teknologi di perusahaan adalah dengan merumuskan strategi manajemen perubahan yang terstruktur serta membuat mitigasi risiko secara komprehesif. Dengan menerapkan metode tersebut, perusahaan dapat melakukan transisi dengan baik tanpa adanya dampak buruk dikemudian hari.
Penelitian ini dilakukan untuk menghindari kegagalan implementasi Katalog Elektronik (E-Katalog) pada perusahaan yang bergerak di bidang logistik yang terdiri dari 16 Anak Perusahaan dengan menggunakan Model ADKAR. ADKAR memiliki lima tujuan utama, yaitu awareness, desire, knowledge, ability, dan reinforcement yang menekankan pada pentingnya keterlibatan individu dan dukungan dari pemimpin di organisasi. Selain itu dalam hal pengelolaan risiko, penelitian ini akan menggunakan framework yang sudah dikembangkan sebelumnya yaitu mulai dari identifikasi, mitigasi, evaluasi, dan pengendalian risiko.
Berdasarkan metode penelitian yang dikembangkan, pengumpulan data dilakukan dengan observasi dokumen, wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil dari penelitian ini adalah strategi manajemen perubahan dan pengelolaan risiko yang bisa dijadikan pedoman untuk memastikan keberhasilan implementasi E-Katalog.
=====================================================================================================

Currently, technology has become part of human life. Technologies can change people’s paradigms from conventional processes into digital processes. In companies, technology was developed to increase competitive advantage and maintain company sustainability. Companies are able to improve efficiency in terms of business processes and financial aspect with technology, but companies often fail to implement due to the problems cannot be resolved properly. One of the key success factors in system implementation is to create a change management strategy and make comprehensive risk mitigation. By applying the methods, companies can make the transition without any adverse impacts in the future.
This research aims to avoid the failures of Electronic Catalogue (E-Catalogue) implementation in a logistics company that consist 16 Subsidiaries using the ADKAR Model. ADKAR has five main objectives, namely awareness, desire, knowledge, ability, and reinforcement which emphasize the importance of individual involvement and support from leaders in the organization. In addition, in terms of risk management, this research will use a framework that has been developed previously, starting from identification, mitigation, evaluation, and risk control.
Based on the research methodology, data collection were done by observations of documents, interviews, and Focus Group Discussion (FGD). Results of this research are the change management and risk management strategies that can be used as a guideline to ensure the success of the implementation.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Perubahan, Manajemen Risiko, Model ADKAR, E-Katalog. Change Management, Risk Management, ADKAR Model, E-Catalogue.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment.
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management
Depositing User: Ramadian Ariestyadi
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:38
Last Modified: 09 Feb 2021 02:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82626

Actions (login required)

View Item View Item