Implementasi Digital Marketing Pada E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Produk (Studi Kasus: PT. Behaestex)

Bahasuan, Rafi Najib (2022) Implementasi Digital Marketing Pada E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Produk (Studi Kasus: PT. Behaestex). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211740000135_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211740000135_Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 April 2024.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Marketing merupakan ujung tombak dari perusahaan karena memiliki peran yang sangat penting di mana penjualan produk pada perusahaan sangat bergantung pada marketing nya, karena jika tidak terdapat penjualan maka keberlangsungan hidup dari perusahaan tersebut dapat terancam. Di zaman terdahulu, pemasaran dan penjualan produk hanya dapat dilakukan secara tradisional atau secara offline, namun kini keduanya dapat dilakukan dengan cara yang serba digital berkat adanya teknologi yang berkembang secara pesat, yaitu digital marketing dan digital sales.

Karena teknologi pada saat ini berkembang dengan pesat, maka perilaku konsumen pada saat ini juga ikut bergeser yang pada mulanya lebih suka untuk membeli produk secara offline, kini konsumen lebih menginginkan cara yang lebih praktis dan efisien yaitu membeli produk secara online berkat adanya teknologi digital saat ini. Oleh karena itu pada saat ini perusahaan-perusahaan mulai bergeser dari yang awalnya melakukan marketing secara tradisional kini bergeser ke marketing secara digital seperti dengan cara memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen, membuat website, dan menjual produk di E-Commerce.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang diterapkan oleh PT. Behaestex pada produk Sarung BHS Classic secara detail dengan cara menggunakan metode analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning), dan menggunakan metode analisis Marketing Mix (Product, Place, Price, Promotion, People, Process, Physical Evidence), menganalisis penerapan digital marketing yang telah dilakukan oleh perusahaan di E-Commerce, menganalisis data jumlah penjualan produk Sarung BHS Classic di E-Commerce, dan menganalisis apakah penerapan digital marketing pada E-Commerce memiliki dampak terhadap penjualan produk Sarung BHS Classic di masing-masing E-Commerce.

Hasil dari penelitian ini adalah penerapan digital marketing PT. Behaestex di E-Commerce Shopee dan Tokopedia yang dilakukan dengan cara mengikuti berbagai macam program aktivitas atau campaign yang juga didukung dengan pemanfaatan fitur-fitur yang terdapat pada masing-masing E-Commerce yaitu IklanShopee dan TopAds. Hal ini membuahkan hasil berupa peningkatan jumlah penjualan produk pada masing-masing E-Commerce.
========================================================================================================================
Marketing is the spearhead of the company because it has a very important role where product sales at the company are very dependent on its marketing, because if there is no sale then the survival of the company can be threatened. In the past, marketing and product sales could only be done traditionally or offline, but now both can be done in an all-digital way thanks to rapidly developing technology, namely digital marketing and digital sales.

Because technology is currently developing rapidly, consumer behavior at this time has also shifted, which at first preferred to buy products offline, now consumers prefer a more practical and efficient way, namely buying products online thanks to the current digital technology. Therefore, at this time companies are starting to shift from what initially did traditional marketing to now shift to digital marketing such as by utilizing social media to interact with consumers, creating a website, and sell their products in the E-Commerce.

The purpose of this research is to find out what strategy is applied by PT. Behaestex on the BHS Classic Sarong in detail by using the STP (Segmenting, Targeting, Positioning) analysis method, and using the Marketing Mix analysis method (Product, Place, Price, Promotion, People, Process, Physical Evidence), analyzing the application of digital marketing that has been carried out by companies in E-Commerce, analyzing the sales data of BHS Classic Sarong in E-Commerce, and analyzing whether the application of digital marketing in E-Commerce has an impact on sales of BHS Classic Sarong in each E-Commerce.

The result of this research is the application of digital marketing by PT. Behaestex in Shopee and Tokopedia E-Commerce is carried out by participating in various activity programs or campaigns which are also supported by the use of the features found in each E-Commerce, namely IklanShopee and TopAds. This resulted in an increase in the number of product sales in each E-Commerce.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: digital marketing, penjualan produk, product sales, sarung bhs classic, bhs classic sarong, shopee, tokopedia
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rafi Najib Bahasuan
Date Deposited: 10 Feb 2022 01:33
Last Modified: 31 Oct 2022 02:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93373

Actions (login required)

View Item View Item