Analisa Pelayanan Kereta Api Komuter Surabaya-Sidoarjo Dari Sisi Kepuasan Pengguna

Febriyanti, Rakhma (2009) Analisa Pelayanan Kereta Api Komuter Surabaya-Sidoarjo Dari Sisi Kepuasan Pengguna. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3106100616-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
3106100616-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (18MB)

Abstract

Salah satu karakteristik pergerakan lalu lintas di kota Surabaya adalah banyak warga yang tinggal di wilayah suburban, tetapi bekerja di wilayah kota Surabaya. Hal ini menyebabkan arus lalu lintas yang masuk dan keluar kota Surabaya menjadi meningkat, terutama pada saat jam sibuk. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menyediakan angkutan umum. Transportasi darat merupakan moda transportasi utama yang berperan penting dalam melayani mobilitas manusia. Salah satu sarana transportasi darat tersebut adalah Kereta Api Komuter Surabaya-Sidoarjo. Dalam hal ini diharapkan pelaku perjalanan yang biasanya menggunakan kendaraan pribadi dapat beralih menggunakan menial angkutan umum massal, yaitu Kereta Api Komuter Surabaya-Sidoarjo. Dalam pengoperasian Kereta Api Komuter Surabaya- Sidoarjo diperlukan peninjauan atas pelayanan kereta api tersebut. Kualitas pelayanan bukanlah masalah utama, tetapi merupakan pencegahan terjadinya kualitas yang jelek sejak awal. Konsumen menghendaki pelayanan yang diterima sebaik mungkin, dan itu merupakan nilai peningkatan kualitas pelayanan. Tiap konsumen mempunyai tingkat kepuasan yang berbeda, ini merupakam indicator yang baik untuk mengukur tingkat kualitas kinerja atau pelayanan yang mereka terima. Maju dan berkembangnya sarana pelayanan umum seperti angkutan transportasi (dalam hal ini Kereta Api Komuter Surabaya-Sidoarjo) tergantung dari kualitas pelayanan yang diberikan, sehingga hams diperhatikan bagi pengelola pelayanan.
==============================================================================================================================
One of the movement characteristic of traffic in town of Surabaya is many citizen who live in sub region of urban, but working in town region of Surabaya. This causes traffic current which come in and out of Surabaya increase, especially at the time of rush hours. One way to overcome the problems is by providing public transport. Land transportation is a main transportation mode which has important role in serving people’s mobility. One of the land transportation medium is Commuter Train Surabaya-Sidoarjo. In this case, government expects the perpetrator of journey which usually use personal vehicle can change over to use mass public transport, that is Commuter Train Surabaya-Sidoarjo. The operation of Commuter Train Surabaya-Sidoarjo, needs by sighting of service of train. The quality of service is not the main problem, but prevention the happening of bad quality since the beginning. Passengers want to accept service as good as possible, and it is a value of service quality increase. Each passenger has different satisfaction level, as proper indicator to measure the level of work quality or service which they accept. The development and growth of in public service facilities such as transportation (in this case Commuter Train Surabaya-Sidoarjo) depends on the quality of service given, so it needs attention for service organizer.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 519.53 Feb a 2009
Uncontrolled Keywords: KA Komuter Surabaya-Sidoarjo, pelayanan, kepuasan pengguna, Commuter Surabaya-Sidoarjo, service, passengers satisfaction
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 09 Jan 2023 04:31
Last Modified: 09 Jan 2023 04:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95337

Actions (login required)

View Item View Item