Analisis Beban Kerja Dalam Strategi Pemenuhan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Di PT X

Imansyah, Fadhil Iqbal (2023) Analisis Beban Kerja Dalam Strategi Pemenuhan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Di PT X. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032201157-Master_Thesis.pdf] Text
6032201157-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman saat ini menuntut sebuah perusahaan untuk bekerja secara efisien, efektif, dan produktif sehingga menuntut organisasi yang di dalamnya dapat berjalan efisien, efektif, dan produktif. Tujuannya agar perusahaan tetap dapat bersaing dan mempertahankan kelanjutan bisnis. Untuk mencapai tujuan yang efisien maka perusahaan perlu melakukan optimalisasi sumber daya manusia, efisiensi yang dimaksud dalam hal ini merupakan beban kerja dari setiap karyawan yang berada dalam sebuah perusahaan. Untuk melihat beban kerja dari setiap karyawan dapat dilihat dari aktivitas-aktivitas yang dikerjakan, waktu untuk menyelesaikan setiap tugas yang didapatkan, dan lain sebagainya. PT. X yang berlokasi di Kota Balikpapan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi, electrical, dan mechanical. Selama 20 tahun berdirinya, persaingan bisnis dan perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat PT. X dituntut untuk beradaptasi dengan cepat. PT. X menyadari perlunya perencanaan yang matang baik dari segi bisnis maupun dari segi perencanaan sumber daya manusia, sehingga diperlukan strategi pemenuhan sumber daya manusia yang selaras dengan strategi bisnis perusahaan. Penyusunan strategi pemenuhan sumber daya manusia pada penelitian ini akan dilakukan berbasis analisis jabatan dengan metode Analisa deskriptif dan analisis beban kerja mental dengan menggunakan metode NASA-TLX. Selanjutnya, hasil analisis tersebut diolah dengan metode SWOT untuk memperoleh strategi pemenuhan sumber daya manusia yang selaras dengan strategi perusahaan. Hasil dari penelitian ini beban kerja mental di PT. X dengan rata-rata tinggi, dan setiap aspek memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Berdasarkan masalah tersebut aspek waktu memiliki nilai beban kerja mental yang paling tinggi dan aspek kinerja yang paling rendah. Hasil dari Analisa SWOT untuk perumusan strategi bahwa PT. X melakukan pemenuhan sumber daya manusia dari segi kapasitas dan kuantitas untuk mendukung strategi bisnis PT X.
===============================================================================================================================
The Development of the era requires a company to work efficiently, effectively and productively to compete and maintain its business. Therefore, companies need to optimize human resources, namely the workload efficiency of each employee. The workload can be seen from the activities carried out, the time to complete each task, etc. PT. X, located in Balikpapan City, is a company engaged in the construction, electrical and mechanical sectors. During 20 years of existence, PT. X realizes the need for a strategy to fulfil human resources aligned with the company's business strategy. The strategy for fulfilling human resources in this study will be formulated based on job analysis with descriptive analysis and mental workload analysis. The method used is NASA-TLX. The analysis results are then processed using the SWOT method to obtain a strategy for fulfilling human resources aligned with the company's strategy. The results of this study are the workload at PT. X average is high, and each aspect has its problems. Based on these problems, the time aspect has the highest workload value and the lowest performance aspect. The result of the SWOT analysis is the formulation of PT. X, fulfilling human resources in capacity and quantity to support its business strategy.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: beban kerja, sumber daya manusia, strategi perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD69.T54 Time management. Scheduling
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549 Job analysis. Personnel management. Employment management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.2 Personel Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.5.J63 Job satisfaction (Personnel management)
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Fadhil Iqbal Imansyah
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:09
Last Modified: 13 Feb 2023 04:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97168

Actions (login required)

View Item View Item