Analisis Pengaruh CRM Success Pada Company's Performance Dengan Menggunakan Structural Equation Modeling Untuk Pemberian Rekomendasi kepada Perusahaan Minyak dan Gas

Azmy, Sausan Aulia Nur (2023) Analisis Pengaruh CRM Success Pada Company's Performance Dengan Menggunakan Structural Equation Modeling Untuk Pemberian Rekomendasi kepada Perusahaan Minyak dan Gas. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211942000016-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211942000016-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Konteks: Dalam dunia bisnis saat ini, pelanggan dianggap sebagai aspek bisnis yang paling penting. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang mengalihkan orientasi mereka dari produk menjadi pelanggan. Karena ini, Customer Relationship Management (CRM) telah banyak diadopsi di berbagai perusahaan, termasuk Perusahaan Minyak dan Gas Indonesia, untuk membantu perusahaan memahami kebutuhan pelanggan dan mencari keunggulan kompetitif.
Masalah: Masalah yang melatarbelakangi tugas akhir ini adalah tidak terjadinya peningkatan pada kinerja Perusahaan Minyak dan Gas Indonesia setelah mengimplementasikan teknologi CRM. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi CRM untuk memastikan bahwa implementasi CRM berhasil dan dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara efisien. Tujuan: Tugas akhir ini bertujuan untuk melakukan analisis struktural terkait pengaruh keberhasilan CRM dan faktor – faktor yang memengaruhinya sehingga rekomendasi dapat diberikan kepada Perusahaan Minyak dan Gas Indonesia untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Data dan Metode: Proses pengumpulan data tugas akhir ini dilakukan dengan menggunakan kuisioner daring. Analisis hasil dan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil: Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah kesuksesan pelaksanaan aktivitas CRM secara positif dan signifikan dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Terdapat juga beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan CRM, seperti customer orientation, organizational capability, dan customer knowledge management. Namun, dari hasil analisis yang dilakukan, tidak ditemukannya pengaruh yang signifikan antara penggunaan teknologi informasi terhadap kesuksesan CRM. Nilai Tambahan: Diharapkan dengan tugas akhir ini, rekomendasi dapat diberikan kepada Perusahaan Minyak dan Gas Indonesia mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi CRM untuk meningkatkan kinerja perusahaan
==================================================================================================================================
Context: In today's business environment, customers are considered the most crucial aspect of the business. Therefore, many companies have shifted their focus from product to customer orientation. For this reason, many companies have heavily adopted Customer Relationship Management (CRM) as their core business strategy, including the Indonesian Oil and Gas Company, to help them better understand their customers' needs and seek competitive advantages. Problem: The problem underlying this final project is that the Indonesian Oil and Gas Company perceives no improvement in the company’s performance after implementing CRM technology. Therefore, an analysis is needed to identify other factors that can influence CRM to ensure that the CRM implementation is successful and efficiently increases performance. Aims: This final project aims to conduct a structural analysis of the influence of CRM success to provide recommendations for the Indonesian Oil and Gas Company to improve its performance. Data and Methodology: The data for this final project is obtained through an online questionnaire. Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) is used to analyze the results and test the hypothesis. Results: The results obtained from this research indicate that the successful implementation of CRM activities positively and significantly influences company performance. There are also several factors that can influence CRM success, such as customer orientation, organizational capability, and customer knowledge management. However, from the analysis conducted, no significant influence was found between the use of information technology and CRM success. Added Value: It is expected that this final project will provide recommendations for the Indonesian Oil and Gas Company regarding the factors affecting the success of CRM implementation to improve the company’s performance

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Kinerja Perusahaan, CRM Success, Structural Equation Modeling, Partial Least Squares, Company Performance
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services. Customer relations
Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sausan Aulia Nur Azmy
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:14
Last Modified: 21 Jul 2023 04:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98812

Actions (login required)

View Item View Item