Rachman, Andhika Prasandy (2023) Analisis Hubungan Mitra Pengemudi Gojek dengan PT Gojek Indonesia Ditinjau dari Perspektif Equity Theory (Studi Kasus: Mitra Pengemudi Gojek Area Kota Surabaya). Other thesis, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
05211940000055-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2025. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan ekonomi berbagi di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari kehadiran Gojek. Didirikan sejak 2009, Gojek sudah mengalami perkembangan masif setelah aplikasinya diluncurkan pada tahun 2015. Saat ini, aplikasi Gojek sudah diunduh lebih dari 190 juta kali, dan terdapat 29,2 juta pengguna aktif Gojek di seluruh Indonesia, yang dilayani oleh lebih dari 2 juta Mitra Pengemudi Gojek. Namun, tidak seluruh Mitra Pengemudi Gojek merasa mereka memiliki hubungan yang setara dengan Gojek. Hal ini dibuktikan dengan demonstrasi yang mereka lakukan untuk menyampaikan tuntutan-tuntutan mereka pada Gojek. Beberapa tuntutan yang mereka sampaikan antara lain adalah kenaikan kompensasi moneter maupun non-moneter yang mereka terima dari Gojek, hingga pemberian status sebagai karyawan tetap. Melihat permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesetaraan hubungan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesetaraan hubungan Gojek dengan Mitra Pengemudi Gojek yang dilihat dari kacamata Mitra Pengemudi Gojek area Surabaya. Penelitian ini didasari oleh Equity Theory yang memperhatikan input dan output yang diterima dari kedua belah pihak yang berhubungan dan dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data akan dilakukan melalui kuesioner online yang disebarkan secara luring dan daring menggunakan media sosial dengan metode sampling yaitu Voluntary Sampling. Data yang diperoleh dari penelitian ini akan diolah menggunakan Multivariate One-way Analysis of Variance (One-way MANOVA) untuk mencari pengaruh dari tingkat kesetaraan hubungan Mitra Pengemudi Gojek dan Gojek terhadap faktor-faktor kompensasi dan status kepegawaian menurut perspektif Mitra Pengemudi Gojek. Hasil yang diharapkan dari tugas akhir ini adalah diketahuinya pengaruh tingkat kesetaraan hubungan Mitra Pengemudi Gojek dan Gojek terhadap faktor kompenasi moneter, kompensasi non-moneter, serta kestabilan pekerjaan dan status kepegawaian dari Mitra Pengemudi Gojek menurut perspektif Mitra Pengemudi Gojek, yang didasari dari tuntutan Mitra Pengemudi Gojek yang mereka sampaikan pada demonstrasinya. Hal ini mengindikasikan bahwa peningkatan tingkat kesetaraan Mitra Pengemudi Gojek dapat memberikan pengaruh positif terhadap pandangan Mitra Pengemudi Gojek pada faktor-faktor tersebut.
===============================================================================================================================
The development of the sharing economy in Indonesia cannot be separated from the presence of Gojek. Founded in 2009, Gojek has experienced massive development after its application was launched in 2015. Currently, the Gojek application has been downloaded more than 190 million times, and there are 29.2 million active Gojek users throughout Indonesia, who are served by more than 2 million Gojek Driver Partners. However, not all Gojek Driver Partners feel they have an equal relationship with Gojek. This is evidenced by the demonstrations they held to convey their demands to Gojek. Some of the demands they convey include an increase in the monetary and non-monetary compensation they receive from Gojek, to grant status as permanent employees. Seeing this problem, this study aims to analyze the equality of relationships and factors that affect the equality of Gojek's relationship with Gojek Driver Partners as seen from the perspective of Gojek Driver Partners in the Surabaya area. This research is based on Equity Theory which pays attention to the inputs and outputs received from both parties involved and is conducted with a quantitative approach. Data collection will be carried out through online questionnaires distributed offline and online using social media with Voluntary Sampling method. The data obtained from this study will be processed using Multivariate One-way Analysis of Variance (One-way MANOVA) to find the effect of the level of equality of the relationship between Gojek and Gojek Driver Partners on compensation factors and employment status from the perspective of Gojek Driver Partners. The expected result of this final project is to know the effect of the level of equality of the relationship between Gojek and Gojek Driver Partners on the factors of monetary compensation, non-monetary compensation, and job stability and employment status of Gojek Driver Partners from the perspective of Gojek Driver Partners, which is based on the demands of Gojek Driver Partners that they conveyed at the demonstration. This indicates that increasing the level of equality of Gojek Driver Partners can have a positive influence on the views of Gojek Driver Partners on these factors.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Equity Theory, Gojek, Mitra Pengemudi Gojek, Ekonomi Berbagi, One-way MANOVA, Gojek Driver Partners, Sharing Economy |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics > HA31.35 Analysis of variance H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD31 Management--Evaluation H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.5 Job evaluation. |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Andhika Prasandy Rachman |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 03:56 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 03:56 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/102393 |
Actions (login required)
View Item |