Chandra, Fariz Aditya (2023) Perancangan Kemasan Dan Merek Produk Dupa Limbah Kotoran Lembu Putih Desa Taro. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
09111940000020-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 1 September 2025. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
UMKM Dupa dari Limbah Kotoran Lembu Putih merupakan unit usaha yang berasal dari Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Menurut kepercayaan umat beragama Hindu sendiri, Lembu Putih merupakan satwa yang disucikan dan dupa berperan penting karena umat beragama Hindu di Bali akan menggunakannya untuk setiap kegiatan upacara dan kegiatan persembahyangan. Desa Taro sebagai tempat konservasi Lembu Putih memiliki beberapa hambatan salah satunya yaitu mengenai pengelolaan limbah kotoran Lembu Putih. Dupa sebagai salah satu solusi warga Desa Taro dalam menguraikan limbah kotoran. Dalam pengembangan produk dupa, belum ditemukan perencanaan terkait perancangan kemasan dan merek produk. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menghasilkan rancangan terkait kemasan dan merek produk untuk menciptakan visual produk yang sesuai dengan nilai-nilai Lembu Putih. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan informasi dilakukan melalui tahap studi literatur, observasi, serta melakukan sesi wawancara secara semi tidak berstruktur kepada pemangku kepentingan dari Desa Taro. Informasi yang diperoleh akan dirumuskan menjadi konsep desain atau menjadi kerangka dasar dalam perancangan yang dilakukan. Proses teknis perancangan aspek tersebut dimulai dengan observasi dan wawancara dengan pemangku kepentingan pengembangan produk Dupa Lembu Putih. Proses selanjutnya adalah penetapan konsep desain yang mengusung konsep eco-spiritual yang mengutamakan kesederhanaan hasil desain. Penelitian ini menghasilkan 2 rancangan yang terdiri dari prototype kemasan dan elemen merek yang terdiri dari beberapa elemen, yaitu Nama Merek, Logo, Tagline, Tipografi, Colour Palette, serta Graphic Standard Manual.
====================================================================================================================================
UMKM Incense from Lembu Putih Manure is a business unit originating from Taro Village, Tegallalang District, Gianyar Regency, Bali Province. According to the beliefs of the Hindus themselves, Lembu Putih is a sacred animal and incense plays an important role because Hindus in Bali will function for every ceremonial activity and prayer activity. Taro Village as a Lembu Putih conservation site has several obstacles, one of which is regarding the management of Lembu Putih manure. Incense as one of the solutions for the residents of Taro Village in decomposing sewage. In the development of incense products, there has not been any planning related to packaging design and product branding. Therefore, this study aims to produce designs related to product packaging and branding to create product visuals that are in accordance with the values of Lembu Putih. The research design used is descriptive qualitative. Information gathering was carried out through the stages of literature study, observation, and conducting semi-unstructured interview sessions with stakeholders from Taro Village. The information obtained will be formulated into a design concept or a basic framework in the design carried out. The technical process of designing these aspects begins with observations and interviews with stakeholders in the development of Lembu Putih Incense products. The next process is the establishment of a design concept that carries an eco-spiritual concept that emphasizes the simplicity of the design results. The result of study produced 2 designs consisting of packaging prototypes and brand elements consisting of several elements, namely Brand Name, Logo, Tagline, Typography, Color Palette, and Graphic Standard Manual.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dupa, Lembu Putih, Kemasan, Merek, Incense, Lembu Putih, Packaging, Brand |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.15 Branding (Marketing) |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Fariz Aditya Chandra |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 01:30 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 01:30 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/104106 |
Actions (login required)
View Item |