Analisis Minat Penggunaan Fitur Permohonan Layanan PLN Pada Aplikasi New PLN Mobile Dengan Menggunakan Metode TAM 3 (Studi Kasus : PLN UIW Sulselrabar)

Prasetyohadi, Latif (2020) Analisis Minat Penggunaan Fitur Permohonan Layanan PLN Pada Aplikasi New PLN Mobile Dengan Menggunakan Metode TAM 3 (Studi Kasus : PLN UIW Sulselrabar). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032201189-Master_Thesis.pdf] Text
6032201189-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2024.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

PT PLN (Persero) sebagai perusahaan BUMN dengan usaha di bidang ketenagalistrikan selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan platform aplikasi yang telah ada yaitu PLN Mobile menjadi New PLN Mobile. Sebagai pengembangan dari aplikasi sebelumnya, PLN menambahkan fitur permohonan layanan pasang baru, perubahan daya, hingga permohonan untuk perubahan tarif pada aplikasi New PLN Mobile. Namun dengan adanya penambahan fitur baru, yaitu fitur permohonan layanan PLN pada aplikasi New PLN Mobile, akan merubah proses bisnis layanan PLN yang sudah berjalan bertahun-tahun. Perubahan proses bisnis tersebut akan mempengaruhi kebiasaan pelanggan dalam bermohon layanan PLN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerimaan pelanggan terhadap fitur permohonan layanan di aplikasi New PLN Mobile diukur melalui intensitas (perceived usefulness) dan kemudahan (ease of use) pelanggan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penyebaran angket yang dilanjutkan dengan analisis statistik menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) 3. TAM merupakan metode statistik yang menggabungkan antara penerimaan teknologi dengan model persamaan terstruktur. Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa minat pelanggan untuk terus menggunakan fitur permohonan layanan pada aplikasi new PLN Mobile dengan model Technology Acceptance Model (TAM3), dapat ditentukan oleh pengaruh Perceived Usefulness (PU) dan Perceived Ease of Use (PEOU). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan aplikasi New PLN Mobile dan perbaikan kualitas layanan PLN kedepannya.
========================================================================================================================================
PT PLN (Persero) as a state-owned company with a business in the electricity sector is always trying to improve the quality of service to customers. One of the efforts made is to develop an existing application platform, namely PLN Mobile into New PLN Mobile. As a development from the previous application, PLN has added features for requesting new installation services, changing power, and applying for tariff changes in the New PLN Mobile application. However, with the addition of a new feature, namely the PLN service request feature in the New PLN Mobile application, it will change the PLN service business process that has been running for years. Changes in business processes will affect customer habits in applying for PLN services. This study aims to determine how customer acceptance of the service request feature in the New PLN Mobile application is measured through the intensity (perceived usefulness) and ease of use of the customer. The method used in this research is the distribution of questionnaires followed by statistical analysis using the Technology Acceptance Model (TAM) 3. TAM is a statistical method that combines technology acceptance with a structured equation model. The results of this research as a whole indicate that customer interest in continuing to use the service request feature in the new PLN Mobile application with the Technology Acceptance Model (TAM3) model, can be determined by the influence of Perceived Usefulness (PU) and Perceived Ease of Use (PEOU).. This research is expected to provide input in developing the New PLN Mobile application and improving the quality of PLN services in the future.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.834 2 Pra a-1 2022
Uncontrolled Keywords: Aplikasi PLN Mobile, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Technology Acceptance Model, TAM, New PLN Mobile Apps, Perception of Ease of Use, Technology Acceptance Model,
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior.
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:50
Last Modified: 27 Oct 2023 06:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105006

Actions (login required)

View Item View Item