Analisa Pengaruh Tebal Dan Geometri Spoke Berbentuk Belah Ketupat Pada Ban Tanpa Udara Terhadap Kekauan Radial Dan Lateral

Tohantoro, Arief Dwi (2014) Analisa Pengaruh Tebal Dan Geometri Spoke Berbentuk Belah Ketupat Pada Ban Tanpa Udara Terhadap Kekauan Radial Dan Lateral. Other thesis, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2107100146_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2107100146_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini perkembangan teknologi Otomotif kendaraan semakin berkembang dengan begitu pesatnya. Adapun perkembangan teknologi Otomotif dari roda adalah semakin banyaknya jenis-jenis roda yang memiliki tipe ban yang berbeda- beda. Airless Tire tidak memiliki ban dalam seperti ban pada umumnya. Airless Tire atau Ban tanpa udara yang dirancang memiliki profil spoke berbentuk belah ketupat akan menerima gaya seperti halnya ban dengan udara. Pemodelan pada spoke divariasikan berdasarkan tebal dan tipenya. Adapun tebal yang divariasikan yaitu 2mm, 4mm, dan 6mm. Sedangkan tipe dari spoke divariasikan jumlah bangun perkolom penyusun ban tanpa udara. Tipe 1 memiliki jumlah bangun sebanyak 2 perkolomnya. Tipe 2 memiliki jumlah bangun sebanyak 2,5 buah per kolomnya. Sedangkan tipe 3 memiliki bangun sebanyak 3 buah per kolomnya. Permodelan dari ban tanpa udara ini, diberikan gaya arah vertikal secara bertahap mulai dari 500 N sampai 4000 N. Masing-masing model spoke dianalisa, kemudian dibandingkan nilai defleksi, kekaku an, dan tegangan total nya. Kekakuan radial pada ke-3 tipe spoke naik ±30% seiring dengan penambahan tebal spoke dari 2 mm ke 6 mm. Dari tipe spoke 1 ke tipe spoke 2 terjadi penurunan kekakuan radial sebesar ±25%, akan tetapi pada tipe spoke 2 ke tipe spoke 3 tidak terjadi perubahan kekakuan yang signifikan hanya sekitar ±5% untuk setiap ketebalannya. Untuk kekakuan lateral terjadi kenaikan pada setiap penambahan tebal spoke pada masing- masing tipe spoke sekitar ±10%. Pada perhitungan ban udara memiliki nilai kekakuan radial sebesar 225,99 N/mm. Adapun ban tanpa udara yang mendekati nilai kekakuan radial tersebut adalah pada spoke tipe 1 dengan tebal 4 mm (211,42 N/mm), spoke tipe 2 dengan tebal 6 mm (254,49 N/mm) dan spoke tipe 3 dengan tebal 6 mm (245,73 N/mm). Pada perhitungan ban udara memiliki nilai kekakuan lateral sebesar 74,629 N/mm.
=============================================================================================================================
Today automotive technology have been developed rapidly. And for technology development of wheel is so many kind of wheel which have different type of tire. Airless Tire doesn’t have tube like common tire. Airless tire with rhombus-shape design will accept force like an aired-tire. Spoke modelling varied in its thickness and type. Thickness variation is 2mm, 4mm, and 6mm. And spoke type varied in number of shape per one airless tire column array. Type 1 has 2 shape per column. Type 2 has 2.5 shape per column. Type 3 has 3 shape per column. In this airless tire modelling, given vertical force gradually started with 500N up to 4000N. Each spoke then analyzed, and compared in deflection, stiffness, and total stress. Radial stiffness in all spoke type increased ±30% with additional thickness from 2mm to 6mm. From 1st spoke type to 2nd spoke type occurred decreasing radial stiffness for ±25%, but for 2nd spoke type to 3rd spoke type, radial stiffness decrease is not occurred significantly, just for ±5% for each thickness. Lateral stiffness increase occurred for additional spoke thickness on each type of spoke for ±10%. Radial thickness of 225,99 N/mm reached from calculation for aired-tire. For airless tire with approaching radial stiffness magnitude is 1st type of spoke with 4mm thickness (211,42 N/mm), 2nd type of spoke with 6mm thickness (254,49 N/mm), and 3rd type of spoke with 6mm thickness (245,73 N/mm).

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 629.248 2 Tho a-1, 2014
Uncontrolled Keywords: Ban Tanpa Udara, defleksi , Spoke, kekakuan, airless tire, deflection, Spoke, stiffness
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL210 Automobiles--Lubrication systems.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:09
Last Modified: 11 Jan 2024 07:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105453

Actions (login required)

View Item View Item